sign up SIGN UP search


moms-life

Tanaman Hias Janda Bolong 2 Warna, Tips Merawat & Penyebab Harga Mahal

Yuni Ayu Amida Kamis, 19 Nov 2020 04:00 WIB
A large Rare Tropical white Variegated Monstera Deliciosa caption
Jakarta -

Untuk Bunda yang gemar mengoleksi tanaman hias, tentu tidak asing lagi dengan monstera. Tanaman hias yang juga dikenal dengan nama janda bolong ini merupakan salah satu yang menjadi primadona karena keunikan daunnya.

Dikutip dari Gardening Tipstanaman hias janda bolong atau monstera memiliki beragam jenis, salah satunya monstera variegata atau janda bolong 2 warna. Tanaman hias ini memiliki ciri daun berwarna hijau dan putih. Inilah yang membuat monstera variegata berbeda dengan janda bolong pada umumnya, yakni bagian putih pada daun monstera variegata membuatnya perlu bekerja dua kali lebih keras untuk fotosintesis.

Monstera variegata tumbuh dengan subur saat muda. Daunnya besar dan tebal. Berwarna hijau tua dan putih mengkilap saat dewasa. Panjangnya bisa mencapai 2 hingga 3 kaki, dengan karakteristik daun yang berlubang lonjong.


Tanaman hias ini tumbuh paling baik dengan cahaya terang yang tidak langsung. Dalam arti jangan terkena matahari langsung, karena terlalu banyak matahari daunnya bisa terbakar. Meski begitu, janda bolong 2 warna ini juga bisa tumbuh baik dengan cahaya buatan yang terang, serta bisa beradaptasi dengan kondisi cahaya rendah.

Tanpa cahaya terang, daun akan tumbuh lebih jarang dan lambat. Monstera dalam kondisi cahaya redup juga dapat memiliki daun yang lebih kecil, yang membuatnya tumbuh tidak terlalu cantik.

Lebih lanjut, berikut ini beberapa tips yang bisa Bunda lakukan untuk merawat tanaman monstera variegata atau janda bolong 2 warna.

1. Siram janda bolong 2 warna saat tanahnya mulai terasa kering jika disentuh. Sebaliknya, kurangi penyiraman di musim dingin. Tanah di pot tanaman hias janda bolong 2 warna harus dijaga tetap lembab tetapi tidak tergenang air.

2. Perhatikan warna dan pertumbuhan daun. Daun yang menguning atau warna daun bertepi kecoklatan adalah tanda terlalu banyak air. Sebaliknya, jika tepi daun tanaman monstera berwarna cokelat dan rapuh, tanaman tidak mendapatkan kelembapan yang cukup.

3. Awasi daun tanaman, terutama yang tertua di tanaman, dan bersihkan dengan kain lembut dan lembab atau lap kilat dengan air hangat untuk menghilangkan penumpukan debu.

4. Berhubung tanaman ini bagus ditanam dalam pot, ada baiknya untuk membenahi pot kembali setiap dua hingga tiga tahun sekali. Setelah janda bolong 2 warna berada dalam wadah dengan diameter delapan inci atau lebih besar, atasi dengan pot tanah segar.

5. Seiring waktu, janda bolong 2 warna akan kehilangan daun bagian bawahnya karena pertumbuhan. Tidak ada cara untuk mendorong pertumbuhan daun untuk batang bawah yang menjadi kosong tersebut. Namun jangan khawatir, Bunda bisa mengakalinya dengan menyebarkan bibit baru di sekitar tanaman hias untuk kemudian membuatnya tampak dipenuhi daun kembali.

Nah, tanaman hias janda bolong 2 warna ini tergolong mahal, Bunda. Kenapa bisa begitu? Klik NEXT ya, Bunda.

Chow Yun Fat dan istriFoto: HaiBunda

Simak juga 5 tanaman hias tropis dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi