sign up SIGN UP search


moms-life

Tabungan Pendidikan vs Asuransi Pendidikan, Mana Lebih Aman?

Yuni Ayu Amida Sabtu, 21 Nov 2020 10:52 WIB
Ilustrasi investasi dan keuangan Tabungan Pendidikan vs Asuransi Pendidikan, Mana Lebih Aman?/ foto: iStock
Jakarta -

Bunda sedang mempertimbangkan untuk menyiapkan dana pendidikan si kecil, namun bingung ingin memilih antara tabungan pendidikan atau asuransi pendidikan? Kira-kira harus pilih yang mana ya?

Nah, tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan merupakan dua produk yang berbeda. Perencana keuangan, Mike Rini, dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) menjelaskan, perbedaan paling dasar antara dua produk tersebut, yakni tabungan pendidikan diterbitkan oleh bank, sementara asuransi pendidikan dari perusahaan asuransi.

"Kalau secara karakter perbedaan signifikannya, mulai dari sisi biaya, kemudian terms and conditions atau peraturan, dan karakter dari produknya, itu yang berbeda antara tabungan dan asuransi pendidikan," kata Mike Rini kepada HaiBunda melalui sambungan telepon, Kamis (19/11/2020).


Mike kemudian menjelaskan lebih rinci, tujuan dari tabungan pendidikan adalah spesifik, yaitu untuk dana pendidikan, bukan untuk lain lain. Berhubung tujuannya spesifik, tabungan pendidikan mempunyai fitur yang berbeda dari tabungan biasa.

"Biasanya tabungan pendidikan dilengkapi dengan perlindungan asuransi, jadi kalau terjadi apa-apa dengan orang tua, maka ahli waris atau anak mendapat santunan. Tapi ingat, ini bukan produk asuransi, ini produk tabungan," ujarnya.

Sementara itu, tujuan dari asuransi pendidikan adalah membantu orang tua untuk bisa mempersiapkan dana pendidikan anak. Sehingga asuransi pendidikan memiliki fitur untuk menyimpan dana pendidikan. Supaya bisa cukup untuk memenuhi dana pendidikan anak, maka ada fitur investasinya.

Bunda, klik NEXT untuk ke halaman berikutnya ya.

Chow Yun Fat dan istriFoto: HaiBunda

Simak juga tips ajak anak menabung dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi