sign up SIGN UP search


moms-life

Bun, Ingat 4 Hal Ini Wajib Dilakukan Setelah Berpergian Saat Pandemi

Jujuk Ernawati Jumat, 20 Nov 2020 12:44 WIB
Woman wearing mask washing hands thoroughly to prevent from novel corona virus infection. Woman intensively washing hands with soap at kitchen sink. caption
Jakarta -

Kasus Corona atau COVID-19 di Indonesia hingga hari ini masih terjadi. Demi menghindari diri dari penularan virus Corona, Bunda harus selalu menerapkan protokol kesehatan, terutama setelah berpergian.

Itu karena setelah berpergian, Bunda atau keluarga berpotensi membawa virus ke dalam rumah. Supaya potensi virus tersebut tidak menular ke Bunda atau orang di dalam rumah, Bunda harus mengubah beberapa kebiasaan yang sebelumnya mungkin malas dilakukan karena lelah atau menganggapnya sepele.

Nah, mengutip dari Buku Saku Desa Tangguh COVID-19, berikut ini empat hal yang wajib dilakukan setelah Bunda atau keluarga berpergian:


1. Lepas alas kaki

Sebelum Bunda atau keluarga masuk ke dalam rumah, hal pertama yang perlu dilakukan adalah melepas alas kaki, seperti sepatu atau sandal. Itu karena menurut Pusat Pengendalian, dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) bahwa bakteri penyebab penyakit menular bisa hidup di alas kaki lebih lama daripada yang diduga.

2. Bersihkan barang yang dibawa bepergian

Setelah sampai di rumah usai berpergian, segera letakkan tas, dompet, kunci, handphone, dan barang lainnya yang sering disentuh di satu tempat. Bersihkan menggunakan lap dengan disinfektan setelah sebelum dipegang atau digunakan kembali.

3. Cuci baju dan masker

Baju dan masker kain yang digunakan saat berpergian segera dicuci. Jika Bunda atau keluarga menggunakan masker sekali pakai, buang di tempat sampah tertutup ya.

4. Bersihkan diri

Setelah berpergian, wajib bagi Bunda atau keluarga untuk segera cuci tangan pakai sabun, dan mandi menggunakan sabun. Bersihkan diri dari rambut hingga ujung kaki ya, Bunda.

Selain itu, jangn lupa uselalu #ingatpesanbunda atau #ingatpesanibu, #pakaimasker, #jagajarak, dan #cucitanganpakaisabun.

Bunda bisa simak juga cara cegah COVID-19 di tempat umum dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(jue/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi