sign up SIGN UP search


parenting

Bunda, Ini Lho Kesalahan Cuci Tangan yang Masih Kerap Dilakukan

Abu Ubaidillah Kamis, 19 Nov 2020 19:18 WIB
Hand washing with water and soap, clean and protection from dirty, virus, bacteria caption
Jakarta -

Salah satu cara mencegah virus Corona adalah dengan mencuci tangan yang baik dan benar. Mencuci tangan dianjurkan dengan air mengalir dan sabun untuk membersihkan kuman atau virus di tangan.

Bunda perlu tahu, meski sudah cuci tangan, namun virus dan bakteri masih bisa saja menempel, hal tersebut dikarenakan ada kesalahan yang dilakukan ketika proses mencuci tangan yang membuatnya tidak bersih, seperti dilansir dari Reader's Digest berikut ini.

1. Terlalu Sebentar

Mencuci tangan minimal 20-30 detik untuk menggosok tangan menggunakan sabun dan kemudian bilas dengan air. Namun studi menunjukkan rata-rata orang hanya mencuci tangan selama 6 detik saja.


2. Tidak Menggosok Sampai Sudut

Tidak hanya telapak tangan dan jari, mencuci tangan juga harus dilakukan sampai ke sudut dan celah yang ada. Hal ini karena kuman sering bersembunyi di bawah kuku dan sela-sela jari.

3. Tidak Dikeringkan Maksimal

Setelah mencuci tangan harus dikeringkan secara maksimal hingga benar-benar tidak ada air yang tersisa, disarankan menggunakan tisu. Namun jika menggunakan blower, Bunda harus memastikan tangan kering dengan bantuan udara yang dihasilkan.

4. Hanya Setelah dari Toilet

Kuman ada di berbagai tempat, misalnya tombol lift, pegangan tangga, mesin ATM, dan lainnya. Sangat disarankan setelah melakukan apapun harus mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Selain itu juga bisa menggunakan hand sanitizer yang mengandung 60% alkohol.

5. Menyentuh Permukaan Setelah Cuci Tangan

Setelah mencuci tangan disarankan menghindari menyentuh permukaan lainnya. Bila itu dilakukan, otomatis kuman yang tadi sudah hilang malah akan menempel lagi. Jadi, untuk yang satu ini juga jangan lupa ya, Bunda.

Itulah beberapa hal yang kerap dilupakan pada saat mencuci tangan. Jangan lupa lagi ya, Bunda! Jangan lupa ajarkan juga si kecil dan keluarga mengingat hal-hal tersebut.

Sebab, mencuci tangan sangat penting untuk menangkal virus Corona. Seperti kampanye #IngatPesanIbu untuk menerapkan 3M oleh Satgas COVID-19, yakni untuk #pakaimasker, #jagajarak, dan #cucitanganpakaisabun.

(ega/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi