sign up SIGN UP search


moms-life

15 Tanaman Hias Beracun yang Perlu Diwaspadai, Cantik Tapi Mematikan

Hilda Irach Selasa, 05 Jan 2021 11:33 WIB
Tropical 'Philodendron Hederaceum Micans' houseplant with heart shaped leaves with velvet texture in gray flower pot on coffee table caption

Jakarta - Memiliki rumah yang asri dan nyaman merupakan dambaan setiap orang ya, Bunda. Merawat tanaman hias menjadi alternatif banyak orang untuk memperindah hunian.

Selain membuat rumah asri dan tampak lebih hidup, sejumlah manfaat positif dari menanam tanaman hias di antaranya membersihkan udara di rumah.

Sayangnya, beberapa tanaman hias tidak boleh diletakkan di sembarang tempat nih, Bunda. Sebab, memiliki efek beracun jika sampai tertelan makhluk hidup, terutama si kecil dan hewan peliharaan.


Terkadang, anak-anak dan hewan peliharaan mudah sekali menyentuh dan mengunyah sesuatu, termasuk tanaman hias yang Bunda letakkan di rumah.

Nah, kalau Bunda punya tanaman hias cantik yang ternyata beracun, letakkan di lokasi yang jauh dari jangkauan si kecil dan hewan peliharaan.

Berikut ini 15 tanaman hias beracun yang perlu diwaspadai, dirangkum dari berbagai sumber.

1. ZZ Plant (Zamioculcas zamiifolia)

ZZ plant atau tanaman dolar merupakan tanaman hias yang sempat populer beberapa waktu lalu, Bunda. Bentuknya yang kokoh dan daun yang berderet selembar-selembar layaknya uang.

Karakteristik tanaman hias ini ialah daunnya berwarna hijau pekat, tumbuh sejajar dengan ukuran simetris, berurat, kecil-kecil, mengandung banyak air, serta tampak mengilap. Selain itu, saat di malam hari, ketika sorot lampu menerpa, daun-daun ini seolah menampilkan kilap yang amat indah

Meski indah, sayangnya tanaman dolar ini harus dijauhkan dari jangkauan si kecil dan hewan peliharaan. Jika sampai tertelan, gejala yang dihasilkan berupa sensasi mulut terbakar, bengkak, iritasi, muntah, air liur yang berlebihan dan kesulitan bernapas.

2. Kuping gajah

Di balik keindahan warna serta bentuk daunnya yang menawan, kuping gajah menyimpan racun yang cukup berbahaya bagi makhluk hidup nih, Bunda.

Daunnya bisa menyebabkan terjadinya gangguan pernapasan karena menutup keluar dan masuknya udara.

Jauhkan tanaman hias ini dari jangkauan si kecil ya, Bunda. Karena jika tak sengaja menggosok daun kuping gajah ke tangan, bisa menyebabkan sensasi terbakar pada kulit dan rasa gatal yang luar biasa.

3. Peace lily

Tanaman hias peace lily asal Amerika Selatan ini memiliki karakteristik yang cantik, yaitu daun yang mengkilap dan bunganya yang berwarna putih. Peace lily kerap kali menjadi dekorasi indoor, Bunda.

Sebab, tanaman hias ini hanya membutuhkan sedikit sinar matahari. Selain cantik jika dijadikan dekorasi ruangan, tanaman hias ini berfungsi sebagai pembersih sirkulasi udara rumah Bunda.

Sayangnya, tanaman hias asal Amerika Serikat ini berbahaya bagi hewan peliharaan lho, Bunda. Getah pada tanamannya bisa menyebabkan iritasi di kulit dan muntah jika sampai tertelan.

4. Lidah mertua

Bunda pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman hias lidah mertua atau sansevieria. Memiliki corak daun dan warnanya yang indah, lidah mertua menjadi populer di kalangan pencintanya, Bunda.

Karena bermanfaat sebagai penyuplai udara bersih, tanaman hias lidah mertua juga kerap kali jadi dekorasi indoor nih, Bunda.

Namun ternyata, lidah mertua termasuk juga dalam tanaman hias beracun. Meski racun yang dihasilkannya tak terlalu tinggi, ini bisa menyebabkan muntah-muntah dan diare. Jadi, pastikan agar si kecil tak bermain-main dengan lidah mertua ya, Bunda.

5. Wisteria

Wisteria merupakan tanaman hias dengan bunga cantik menjuntai ke bawah. Tanaman hias ini populer di Jepang dan China, Bunda.

Namun, bagian bijinya ternyata beracun untuk manusia. Meski cantik, bunga ini menyimpan zat beracun yang kuat, Bunda.

Zat saponin yang terkandung dalam bijinya, jika sampai tertelan menyebabkan gejala seperti pusing, muntah, bahkan pingsan.

6. Daffodil

Daffodil berbentuk seperti terompet kecil. Umumnya bunganya berwarna kuning yang cerah.

Di balik tanaman hias cantik dengan balutan bunganya yang indah, ternyata daffodil mengandung racun lho, Bunda.

Bila bagian umbi atau akarnya termakan bisa bahaya. Bagian tersebut berisiko mengakibatkan masalah pencernaan seperti diare, muntah, hingga masalah serius seperti meningkatnya tekanan darah tinggi, gangguan irama jantung, dan tremor.

7. Foxgloves

Bunda, siapa sangka tanaman hias berbentuk lonceng yang unik ini berbahaya untuk manusia. Bahkan bisa menyebabkan kematian lho.

Warnanya yang indah dan bentuknya yang unik bisa menarik perhatian si kecil untuk memainkannya. Jika sampai tertelan, gejala yang dialami berupa kejang, tremor, denyut nadi melemah dan gangguan irama jantung.

Kalau tertarik merawat tanaman hias ini, pastikan Bunda meletakkannya di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan si kecil ya.

8. Rhododendron dan azalea

Bunda pasti akan terkesima melihat keindahan warna yang dihasilkan tanaman hias satu ini. Tapi jangan sampai tertipu ya, Bunda. Hal ini dikarenakan rhododendron dan azalea masuk ke dalam kategori tanaman hias berbahaya bagi makhluk hidup.

Jika Bunda tetap ingin merawat tanaman hias ini, pastikan untuk menempatkannya di tempat yang sulit dijangkau. Sebab, jika sampai tertelan dapat mengakibatkan permasalahan serius seperti sakit perut, sulit bernapas, bahkan kelumpuhan.

Untuk tanaman hias lainnya, klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA ya, Bunda!

Simak juga video tanaman hias beracun:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Maia Estianty Sembuh Covid-19



Tanaman Hias Beracun yang Perlu Diwaspadai, Cantik Tapi Mematikan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi