sign up SIGN UP search


moms-life

Bunda Perlu Waspada, Ini 7 Tanaman Hias Beracun

Mutiara Ananda Jumat, 11 Sep 2020 03:00 WIB
Sansevieria plants on table in modern room caption
Jakarta -

Memiliki rumah yang dipenuhi tanaman hias segar tentu menjadi idaman banyak keluarga ya, Bunda. Apalagi tanaman hias ini diletakkan di sudut-sudut ruangan.

Meski terlihat cantik, ada beberapa tanaman hias beracun yang harus diwaspadai nih, Bunda. Harus dijauhkan dari jangkauan si kecil, juga hewan peliharaan di rumah.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 7 tanaman hias beracun yang perlu Bunda waspadai.


1. Tanaman dolar

Biasanya, tanaman hias dolar diletakkan di sudut ruangan agar terlihat lebih cantik. Meski begitu, seluruh bagian tanaman ini mengandung racun, lho.

Tanaman hias dolar mengandung senyawa oksalat, sehingga dapat menyebabkan kulit iritasi dan gatal-gatal. Jika Bunda atau si kecil tak sengaja menyentuhnya, segera cuci tangan dengan sabun, ya.

2. Kuping gajah

Tanaman hias yang cantik ini termasuk ke dalam tanaman keladi yang menyimpan racun lho, Bunda. Daunnya dapat menyebabkan gangguan pernapasan, karena menutup jalan masuk dan keluarnya udara.

Hindari tanaman hias ini dari jangkauan si kecil ya, Bunda. Jika tak sengaja menggosok daun kuping gajah ke tangan, ini akan menyebabkan kulit gatal dan sensasi terbakar.

3. Bunga lily

Siapa sangka tanaman hias cantik berbunga putih ini bisa sangat berbahaya. Menurut penelitian dari US Food and Drug Administration, bunga lily bisa berbahaya bagi hewan peliharaan.

Saat hewan peliharaan menjilat bunga lily, maka akan menyebabkan sakit perut hingga muntah-muntah. Selain itu, bunga lily dapat mengakibatkan hewan peliharaan gagal ginjal akut, bahkan kematian.

4. Lidah mertua

Meski cukup populer dan digemari karena memiliki manfaat menjernihkan udara, nyatanya lidah mertua termasuk tanaman hias beracun, Bunda.

Meski tidak terlalu tinggi, kadar racun pada tanaman ini bisa memicu muntah-muntah dan diare. Maka sebaiknya tetap berhati-hati saat memelihara tanaman hias ini.

5. Wisteria

Tanaman hias cantik yang satu ini cukup populer di wilayah Jepang dan China. Namun, siapa sangka di balik kecantikannya, tanaman hias ini menyimpan racun yang cukup tinggi.

Biji yang diproduksi tanaman hias tersebut mengandung racun karena adanya kandungan saponin. Jika tertelan, racunnya bisa mengakibatkan mual, muntah, diare, pusing, hingga pingsan.

6. Daffodil

Dikenal dengan bunganya yang cantik, tanaman hias daffodil ternyata bisa menimbulkan masalah yang cukup serius jika bagian akar atau umbinya termakan.

Daffodil berisiko menyebabkan masalah pencernaan seperti diare dan muntah, hingga beberapa masalah lain seperti tekanan darah tinggi, gangguan irama jantung, dan tremor.

7. Foxgloves

Tanaman hias foxgloves termasuk dalam salah satu jenis yang memiliki bentuk unik seperti lonceng. Karena unik, tak jarang tanaman hias ini menarik perhatian si kecil.

Jika keracunan tanaman hias foxgloves, kemungkinan mengalami beberapa masalah seperti tremor, kejang, denyut nadi rendah, gangguan irama jantung, hingga kematian.

Bunda yang punya tanaman hias tersebut di rumah, sebaiknya jauhkan dari jangkauan si kecil dan hewan peliharaan ya.

Simak juga video tanaman hias termahal di dunia:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi