sign up SIGN UP search

moms-life

7 Cara Merawat Kaktus, Tanaman Hias Sukulen yang Populer

Yuni Ayu Amida Jumat, 04 Dec 2020 04:00 WIB
Thailand, Danger, Gardening, Agriculture, Beauty caption
Jakarta -

Kaktus merupakan salah satu tanaman hias yang kini banyak digemari. Tanaman hias yang masuk dalam jenis sukulen ini sebenarnya tidak butuh perawatan ekstra lho, Bunda.

Hanya saja kaktus juga butuh perhatian agar bisa tumbuh sehat dan awet. Dikutip dari Flower Power, kaktus yang memiliki toleransi terhadap kekeringan ekstrem, membuat banyak orang percaya bahwa tanaman hias sukulen ini tidak membutuhkan banyak air.

Meskipun benar mereka tangguh, kebanyakan kaktus tidak akan berkembang tanpa air. Jadi tetap harus disiram.


Di sisi lain, kaktus juga tidak bisa overwatering. Terlalu banyak air mendorong terbentuknya jamur botrytis dan membuat akar dan pangkal tanaman busuk.

Ketika menyimpan kaktus di dalam atau di luar ruangan, biarkan tanah mengering sepenuhnya sebelum menyiramnya kembali. Lebih rincinya, berikut ini 7 cara merawat tanaman hias kaktus, dikutip dari Livabl.

1. Kaktus harus disiram

Semua sukulen termasuk kaktus telah beradaptasi dengan lingkungan kering, di mana mereka dapat mentolerir sinar matahari penuh. Misalnya, saat hidup di gurun, sering ada periode panjang yang berlalu tanpa curah hujan, dan tiba-tiba turun hujan.

Saat turun hujan ini, kaktus bisa menghemat air dengan menyimpannya di dalam tubuh mereka. Untuk alasan ini, bukan masalah besar jika Bunda melewatkan penyiraman.

Namun, kalau Bunda hampir tidak pernah memberinya air, kaktus akan mulai memanfaatkan cadangan di tubuh mereka. Kalau kaktus tiba-tiba terlihat lembek, inilah alasannya. Jadi pastikan Bunda tetap menyiram kaktus jika ingin ia baik-baik saja.

2. Letakkan di tempat terang

Kaktus menyukai cahaya. Jadi berikan tanaman hias sukulen ini cahaya terang.

Idealnya, letakkan mereka di jendela yang menghadap ke selatan atau barat supaya terkena cahaya lebih banyak atau setidaknya enam jam per hari.

Namun perlu hati-hati, sukulen yang baru ditanam bisa hangus di bawah sinar matahari langsung. Bunda mungkin perlu secara bertahap mengenalkannya pada paparan sinar matahari penuh dengan menempatkannya pada cahaya tidak langsung lebih dulu, seperti di jendela yang menghadap selatan dengan tirai tipis di atasnya.

3. Wadah tanam harus selalu memiliki lubang drainase

Wadah tempat Bunda menanam kaktus harus memiliki lubang drainase. Tujuannya untuk memungkinkan kelebihan air keluar saat disiram.

Hal ini lantaran kaktus tidak suka dengan air yang tergenang ataupun terlalu lembap. Jadi pilih pot yang baik drainasenya ya, Bunda.

Klik Next untuk membaca kelanjutannya, Bunda.

Simak juga beragam tanaman hias beracun dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner GunawanFoto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari



Cara Merawat Kaktus
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!