sign up SIGN UP search


moms-life

3 Asupan Penting untuk Lansia Supaya Terhindar dari COVID-19

Kurnia Yustiana Senin, 14 Dec 2020 15:21 WIB
Healthy food clean eating selection: Vegetables, fruits, nuts, berries and mushrooms, parsley, spices. On a black background. Free space for text. caption
Jakarta -

Secara umum, orang lanjut usia atau lansia tubuhnya memang sudah tak sekuat anak muda. Imunitas tubuh lansia juga ikut terpengaruh seiring memasuki usia tua.

Dilansir Harvard Health Publishing, kemampuan respons imun mulai berkurang pada lansia, Bunda. Selain itu, terjadi pula penurunan fungsi organ dan gerak.

Oleh karena itu, lansia pun lebih rentan terserang penyakit, termasuk terinfeksi COVID-19. Risiko terkena COVID-19 akan semakin meningkat kalau lansia tersebut juga menderita penyakit kronis.


Nah, berhubung imunitas sudah berkurang, supaya tubuh tetap sehat, diperlukan konsumsi makanan bergizi. Dalam video YouTube Covid19 Gugus Tugas, dr. Raisa Juanda berbagi informasi soal apa saja makanan yang sebaiknya dikonsumsi lansia nih, Bunda.

Secara umum, asupan makanan yang perlu dikonsumsi lansia ini mengacu pada prinsip gizi seimbang. Artinya, dalam sepiring makanan sebaiknya mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang diperlukan tubuh.

Di antara sekian banyak zat gizi yang diperlukan tubuh, ada yang menjadi prioritas. Sebaiknya asupan ini tak terlewat untuk dikonsumsi setiap hari ya, Bunda.

Berikut ini sejumlah asupan makanan bergizi yang sebaiknya dikonsumsi lansia agar tubuh tetap kuat melawan COVID-19.

1. Makanan yang Mengandung Vitamin dan Mineral

vitamin dan mineral penting untuk diasup demi membantu melawan virus corona. Semua bisa didapat dari secara alami dari makanan sehari-hari kok, Bunda.

"Zat gizi yang diperlukan untuk mencegah terinfeksi virus ini adalah vitamin A, B, D, C, selenium, zink, zat besi, omega 3, yang diperlukan untuk meningkatkan sistem imun," ujar dr. Raisa Juanda.

"Ini bisa diperoleh dari bahan makanan telur, ikan, susu, kacang-kacangan, jambu, jeruk, wortel, brokoli, bayam, tomat, minyak zaitun, dan lain sebagainya," imbuhnya.

Untuk vitamin D juga bisa didapat secara alami selain makanan lho, yaitu dari sinar matahari. Caranya adalah dengan berjemur minimal 15 menit antara pukul 09.00 hingga 10.00 pagi.

Sementara untuk suplemen memang bisa dikonsumsi lansia, tapi tidak boleh sembarangan ya, Bunda. Lebih baik konsultasi ke dokter dulu untuk menentukan kira-kira suplemen apa yang dibutuhkan dan aman bagi tubuh lansia.

"Sebaiknya atas rekomendasi dokter karena sudah terjadi penurunan fungsi organ, seperti ginjal dan liver," tuturnya.

Untuk asupan makanan lainnya, klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA ya, Bunda.

Simak juga video penjelasan soal mengapa lansia rentan terpapar COVID-19:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner susu

Asupan Penting untuk Lansia Supaya Terhindar dari COVID-19
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!