sign up SIGN UP search


moms-life

Jangan Asal Pakai dan Buang Masker ya Bunda, Ini Cara yang Benar

Annisa Afani Kamis, 31 Dec 2020 16:33 WIB
Portrait of young woman putting on a protective mask for coronavirus isolation caption
Jakarta -

Penggunaan masker di masa pandemi COVID-19 menjadi protokol yang wajib untuk dilakukan, Bunda. Ini tak hanya berguna untuk melindungi diri sendiri, namun juga untuk menjaga orang lain yang berada di sekitar kita tak tertular dari virus tak terdeteksi.

Sebelumnya penggunaan masker memang hanya berlaku pada tenaga kesehatan, seseorang yang merawat orang sakit, dan orang yang memiliki gejala-gejala pernapasan seperti demam maupun batuk. Namun kini, aturan tersebut telah diubah dan berlaku pada siapapun.

Perlu untuk diketahui, fungsi masker untuk melindungi ini sebenarnya dapat hilang dan tak bermanfaat lho, Bunda. Oleh karena itu, Bunda perlu paham bagaimana tata cara serta penggunaanya masker yang baik dan benar.


Mengutip dari covid19.go.id. ada beberapa langkah yang perlu Bunda perhatikan saat akan memakai hingga melepaskan masker, berikut di antaranya:

1. Cuci tangan

Sebelum menyentuh masker, cucilah tangan dengan sabun dan air mengalir selama kurang lebih 20 detik atau gunakan cairan pembersih berbahan alkohol minimal 60 persen.

2. Periksa masker

Saat ambil masker, periksa setiap bagiannya untuk memastikan keadaannya baik tanpa cacat seperti sobekan atau lubang.

3. Posisi masker

Pastikan penggunaan serta arah masker sudah benar. Jika masker memiliki kawat atau logam, maka bagian tersebut terpasang di sisi atas.

4. Pastikan sisi depan masker

Untuk masker medis, sisi yang berwarna menghadap depan atau luar. Jika Bunda pakai masker kain, pastikan satu sisinya memiliki ciri tersendiri agar tak tertukar saat dilepas-pasang.

4. Rapatkan

Jika masker sudah terpasang, maka rapatkan logam atau sisi masker yang kaku sampai menempel sempurna ke hidung. Tarik sisi bawah masker sampai menutupi mulut, hidung, dagu, dan pastikan tidak ada celah terbuka antara wajah dan masker.

5. Buka masker

Setelah digunakan, lepas masker dengan hanya memegang bagian tali sambil tetap menjauhkannya dari wajah dan pakaian, ini berguna untuk menghindari permukaan masker yang mungkin terkontaminasi.

6. Buang masker

Jika sudah dibuka, khususnya masker medis, segera buang masker di tempat sampah tertutup. Bila memungkinkan, Bunda bisa merusak beberapa bagian masker termasuk memutuskan talinya untuk mengurangi kemungkinan dimanfaatkan oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

Sedangkan untuk masker kain, Bunda bisa langsung mencucinya agar dapat digunakan kembali.

7. Cuci tangan

Bersihkan tangan setelah menyentuh atau membuang masker dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer.

Tetap jalani protokol kesehatan lainnya ya, Bunda. Selalu #ingatpesanbunda, untuk #pakaimasker, #jaragajak, jauhi kerumunan, serta #cucitanganpakaisabun secara rutin.

Simak juga yuk Bunda soal penjelasan tentang mutasi virus corona dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Tips Cantik Sehat Saat Pandemi



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi