sign up SIGN UP search


trending

GeNose C19 & Deteksi CePAD, Karya Anak Bangsa untuk Deteksi COVID-19

Annisa Afani Rabu, 30 Dec 2020 20:09 WIB
Close up photo of female scientist holding a laboratory pipette and a blood sample tube for covid-19 in laboratory. She is wearing a protective suit, laboratory glasses, surgical mask and surgical gloves. Selective focus on tube. Shot with a full frame mirrorless camera. caption
Jakarta -

Kreativitas dan kecerdasan yang dicurahkan oleh anak bangsa sangat membantu dalam penanganan pandemi COVID-19 lho, Bunda. Hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya GeNose C19 dan Deteksi CePAD.

Mengutip dari covid19.go.id, keduanya menjadi alat skrining yang digunakan oleh pemerintah dalam pelacakan serta penyebaran kasus COVID-19 di Indonesia.

"Kita perlu terus memperkuat sistem surveilans 4T, yaitu testing, tracing, tracking dan treatment. Ditambah dengan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun," kata Menteri Riset dan Teknologi Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro .


GeNose C19 sendiri merupakan alat yang dapat mendeteksi keberadaan virus SARS-CoV-2. Alat ini dikembangkan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) dan hanya memanfaatkan embusan napas.

Sedangkan Deteksi CePAD, ini merupakan alat pendeteksi COVID-19 yang bekerja dengan kilat menggunakan metode deteksi antigen, dan dikembangkan oleh Universitas Padjadjaran (UNPAD)

"Apresiasi kepada tim penelitian UGM dan UNPAD atas karyanya dan ini jelas akan sangat membantu upaya kita dalam penanganan COVID-19," tuturnya.

Semoga alat dengan inovasi ini dapat memberi pengaruh besar dalam penenaggulangan COVID-19 ya, Bunda. Dengan begitu, ini dapat menja protokol kesehatan sekaligus memulihkan perekonomian negara kita.

Meski alat ini akan sangat membantu, bukan berarti kita bisa longgar dalam penerapan protokol kesehatan, ya. Selalu #ingatpesanbunda, #cucitangapakaisabun, #pakaimasker, dan #jagajarak saat berada di tempat umum.

Banner Tips Cantik Sehat Saat PandemiBanner Tips Cantik Sehat Saat Pandemi/ Foto: Mia Kurnia Sari

Bunda, simak juga yuk alasan mengapa kasus Covid-19 terus meningkat dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi