sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Merawat Tanaman Hias Philodendron Birkin

Hilda Irach Senin, 11 Jan 2021 13:38 WIB
Different views of tropical 'Philodendron Birkin' house plant with white stripes on dark green leaves in black plastic flower pot isolated on white background caption
Jakarta -

Ada banyak jenisĀ tanaman hias philodendron, salah satunya adalah philodendron birkin. Tanaman hias cukup digemari pencinta tanaman hias ya, Bunda.

Dikutip dari Costa Farms, philodendron birkin populer karena dedaunannya yang cantik dan menakjubkan. Ciri khas dedaunannya berbentuk oval, berwarna hijau tua yang mengkilap, dan corak garis-garis berwarna kuning krem di permukaannya.

Merawat tanaman hias ini sebagai dekorasi hunian merupakan pilihan yang tepat karena dapat memberikan kesan segar dan asri. Dalam kondisi yang baik, tanaman hias ini dapat tumbuh 45 hingga 91 cm.


Buat Bunda yang tertarik atau sudah punya tanaman hias philodendron birkin, ada sejumlah tips merawatnya agar tumbuh subur, dilansir Gardening It.

1. Penyiraman

Cara merawat tanaman hias philodendron birkin tak sulit kok, Bunda. Kunci terpenting dalam merawat jenis tanaman hias ini adalah memberikannya banyak kelembapan, jauhkan dari sinar matahari langsung, dan penyiraman tepat.

Meski harus lembap, bukan berarti basah ya, Bunda. Cukup menyiram tanaman sekali atau dua kali dalam seminggu. Namun, pastikan tanah di atasnya sudah mengering sebelum disiram. Agar tanahnya menjadi tidak terlalu basah.

Sebab, jika kelebihan air mengakibatkan akar tanaman menjadi busuk dan cepat mati. Cara terbaik untuk memeriksa kelembapan adalah dengan meletakkan jari di tanah.

2. Tanah

Tanah adalah bagian penting dari perawatan tanaman hias philodendron birkin yang sehat. Agar memperoleh nutrisi yang optimal, tanah tanaman hias ini harus kering dahulu sebelum disiram, Bunda.

Jika kelebihan air, akar akan basah kuyup sehingga mempercepat kebusukan, sehingga tanaman hias akan mati. Namun ada cara tepat untuk mempertahankan kesuburan tanah nih, Bunda, yaitu dengan menambahkan lumut gambut ke dalam tanah tanaman hias philodendron birkin.

Dikutip dari Planthophiles, lumut gambut memiliki tekstur kasar dan lapang. Berkat teksturnya yang kasar itulah ia dapat menahan air. Sehingga mencegah tanah menjadi terlalu basah. Oleh karena itu, menambahkan lumut gambut ke dalam tanah menjadi pilihan yang tepat nih, Bunda.

3. Sinar matahari

Tanaman hiasĀ philodendron birkin tumbuh subur dari cahaya tidak langsung yang terang. Meletakkan tanaman hias ini di bawah sinar matahari langsung, hanya akan merusak daunnya, Bunda.

Jika terlalu lama terpapar sinar matahari langsung, daun akan menjadi cepat rontok. Tanaman hias juga akan cepat mengering dan layu.

Jadi, letakkan tanaman hias ini di ambang jendela ya, Bunda. Gunakan tirai sebagai pembatas antara sinar matahari dan tanaman.

Untuk tips merawat tanaman hias philodendron birkin lainnya, klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA ya, Bunda.

Simak juga video tanaman hias tropis:

[Gambas:Video Haibunda]

Artis penyintas COVID-19Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari



(kuy/kuy)
Tips Merawat Tanaman Hias Philodendron Birkin
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi