sign up SIGN UP search


moms-life

Perhatikan Bun, 5 Cara Mencegah Kondom Bocor

Kinan Senin, 01 Feb 2021 22:05 WIB
young woman pierces a condom caption
Jakarta -

Kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi yang banyak dipilih. Selain praktis, kondom juga diketahui memiliki efektivitas tinggi. Bagaimana cara mencegah kondom bocor, ya?

Dikutip dari Healthline, kondom bocor bisa saja terjadi meskipun kasusnya jarang. Kerusakan biasanya terjadi karena faktor penyimpanan yang kurang tepat. Baik bocor kecil maupun besar, kondisi ini tentu dapat mengurangi kemampuan kondom mencegah kehamilan dan penyakit menular seksual.

Maka dari itu, pastikan untuk memeriksa kondisi kondom sebelum berhubungan seks. Bisa saja kondom bocor sejak masih dalam kemasan. Selain itu, apabila sudah terlanjur digunakan umumnya pria akan menyadari apabila kondom bocor.


Sesekali memeriksa kondisi kondom saat berhubungan seks juga bisa dilakukan, terutama jika sering berganti-ganti posisi.

Perlu diketahui bahwa kondom yang terlihat normal tetap bisa bocor melalui lubang yang sangat kecil, disebut sebagai microtear. Lubang ini umumnya tidak bisa dilihat dengan mata telanjang dapat dilalui oleh sperma.

Dalam beberapa kasus yang jarang, masalah microtear disebabkan oleh cacat produksi. Selain itu, microtear lebih sering terjadi karena kesalahan dalam pemakaian. Misalnya memakai kondom kedaluwarsa, memasang kondom dengan cara yang salah, serta menyimpan di tempat yang tak aman.

Berikut 5 cara mencegah kondom bocor yang penting untuk diketahui oleh para pasutri:

1. Periksa tanggal kedaluwarsa sebelum digunakan

Sebelum memakai kondom, pastikan untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa produk terlebih dahulu. Kondom kedaluwarsa kualitasnya sudah tidak ideal, sehingga lebih rentan bocor saat digunakan.

2. Buka kemasan secara hati-hati

Salah satu penyebab kondom bocor yang banyak terjadi, yakni tidak berhati-hati saat membuka kemasannya. Hindari membuka kemasan kondom dengan gigi atau gunting karena berisiko merusak kondom.

Simak ulasan lengkap di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga 6 jenis alat kontrasepsi, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Skandal TWOTM SulutFoto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari
Cara Mencegah Kondom Bocor
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi