sign up SIGN UP search


moms-life

Sering Tak Mood Bercinta? Ini 10 Penyebab Umum Gairah Seks Menurun

Kinan Selasa, 23 Feb 2021 22:25 WIB
I love spending time with you. Young happy couple in bed. Space for copy. Cloe up. Pasutri/Foto: iStock

Tak selalu on, gairah seks sewaktu-waktu juga bisa menurun. Penyebabnya bermacam-macam, namun sering kali tak boleh diabaikan begitu saja. Efeknya bisa sampai mengganggu keharmonisan rumah tangga.

Dikutip dari Mayo Clinic, wanita memang lebih rentan mengalami fluktuasi libido. Kondisi ini pun ditunjukkan oleh gejala khas yang bisa dikenali dengan mudah.

Di antaranya seperti berkurangnya ketertarikan terhadap jenis aktivitas seksual apa pun, tidak pernah memiliki fantasi hingga merasa enggan untuk berhubungan seks dalam jangka waktu yang lama.


Nah, apa saja ya sebenarnya hal-hal yang dapat membuat gairah seks menurun? Berikut daftarnya:

1. Penyakit dan gangguan fisik

Banyak penyakit nonseksual dapat memengaruhi dorongan seks, termasuk artritis, kanker, diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit arteri koroner, dan penyakit neurologis.

2. Konsumsi obat tertentu

Sedang dalam masa terapi dengan minum jenis obat tertentu juga bisa memengaruhi libido, lho. Obat resep tertentu, terutama antidepresan, diketahui dapat menurunkan gairah seks.

3. Kebiasaan dan gaya hidup

Terlalu banyak minum minuman beralkohol dapat memengaruhi gairah seks. Hal yang sama juga berlaku bagi kebiasaan merokok dan terlalu sering menghirup asap rokok. 

Ini dapat berisiko menurunkan kelancaran aliran darah, yang kemudian dapat mengurangi gairah seks.

4. Kelelahan

Kelelahan karena sedang mengasuh newborn, misalnya, dapat berkontribusi pada rendahnya gairah seks. Selain itu, kelelahan karena penyakit atau pembedahan juga dapat membuat gairah seks menurun. 

5. Perubahan kadar hormon

Perubahan kadar hormon dalam tubuh dapat menurunkan keinginan Bunda untuk berhubungan seks. Misalnya seperti perubahan hormon akibat stres atau menjelang haid.

6. Menjelang menopause

Menuju masa menopause, kadar estrogen akan berangsur-angsur menurun. Hal ini bisa membuat seorang wanita jadi kurang tertarik pada seks.

Tak hanya itu, perubahan hormonal jelang menopause juga dapat menyebabkan jaringan vagina kering. Pada akhirnya kondisi ini dapat mengakibatkan hubungan seks jadi terasa menyakitkan atau tidak nyaman. 

Simak ulasan lengkap di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tips terapkan pendidikan seks pada anak dari Ivy Batuta:

[Gambas:Video Haibunda]



PENYEBAB MENURUNNYA GAIRAH SEKS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi