sign up SIGN UP search


moms-life

4 Tips Memilih Tanaman Hias Euphorbia untuk Pemula

Vauri Audia Selasa, 02 Mar 2021 04:11 WIB
Poi Sian flower or crown of thorns grown as a sacred crop near house, Euphorbia milii caption
Jakarta -

Tanaman hias euphorbia dapat tumbuh dengan baik dalam pot maupun pekarangan rumah. Euphorbia ini termasuk jajaran tanaman hias terkenal di kalangan pengoleksi ya, Bunda.

Sebenarnya, seperti apa sih, asal-usul tanaman hias ini? Nama tanaman hias euphorbia berasal dari nama Euphorbus, seorang dokter dari Mauritania. Atas jasanya, euphorbia yang biasa tumbuh di gurun bisa dijadikan hiasan yang cantik di rumah.

Tanaman hias ini kemudian menyebar hampir ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tanaman hias euphoria umumnya berukuran sedang, dengan tinggi sekitar 150 cm dan lebar 100 cm, serta memiliki dompolan bunga yang menyelimuti batang.


Tak hanya ditanam di pot dan diletakkan sebagai penghias ruangan atau teras rumah, ternyata tanaman hias ini juga kerap ditanam untuk keperluan ground cover taman karena memiliki bunga dengan warna yang mencolok, sehingga sangat memikat mata yang memandanginya.

Warna bunga euphorbia memang bermacam-macam, dengan dominasi warna merah, kuning, hijau, dan putih, disertai hiasan setrip atau bercak di setiap kelopaknya. Dompolan bunganya seolah menyesaki setiap tajuknya, sehingga euphorbia yang berbunga lebat nyaris terlihat tanpa daun.

Banner tips dietFoto: HaiBunda/Mia Kurnia Sari

Supaya berbunga lebat, tentu euphorbia harus dirawat dengan baik. Tanaman hias yang masuk ke dalam golongan keluarga Euphorbiaceae ini, dalam proses pertumbuhannya, sangat membutuhkan banyak sinar matahari. Oleh karena itu, lokasi tumbuh yang tepat merupakan kunci agar tanaman hias euphorbia tetap subur.

Nah, apakah Bunda jadi penasaran ingin memiliki tanaman hias euphorbia? Jika ingin membelinya, sebaiknya jangan sembarangan ya, Bunda.

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan memilih euphorbia, supaya tidak salah beli dan menyesal. Untuk tips selengkapnya soal memilih tanaman hias euphorbia, klik baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga video tips merawat tanaman hias ara biola:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS MEMILIH TANAMAN HIAS EUPHORBIA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi