sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Memilih dan Mengolah Daging untuk Rendang

Mutiara Putri Jumat, 26 Mar 2021 13:40 WIB
Beef Rendang on black plate at black slate table top. Indonesian padang cuisine meat dish. Asian food. Top view caption
Jakarta -

Daging sapi memang memiliki cita rasa khas ya, Bunda. Karena itu, daging sapi akan terasa nikmat jika diolah menjadi beragam sajian yang menggugah selera.

Salah satu masakan dari olahan daging sapi adalah rendang, Bunda. Rendang sendiri merupakan masakan khas dari Sumatera Barat.

Rendang diproses dengan suhu rendah dalam waktu yang lama dengan beragam bahan rempah dan santan. Proses memasaknya bisa memakan waktu hingga berjam-jam.


Banner Tanaman Hias untuk Bisnis Rumahan

Dalam suhu ruangan, rendang bisa bertahan cukup lama, Bunda. Biasanya, rendang tetap enak dimakan meski sudah berminggu-minggu, lho.

Kenikmatan rendang tidak hanya didapat dari rempah dan bumbu-bumbunya nih, Bunda. Rendang akan semakin nikmat jika Bunda memilih daging yang tepat.

Tidak semua daging sapi cocok untuk dijadikan rendang ya, Bunda. Daging sapi yang tepat untuk diolah menjadi rendang adalah bagian paha karena daging ini tidak mudah hancur dan tidak menyimpan banyak lemak.

Ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk memilih dan mengolah daging sapi yang berkualitas untuk rendang, lho. Berikut ini adalah tipsnya, dirangkum dari buku 124 Tips Membuat Urusan Rumah Tangga Jadi Gampang dan Irit.

1. Warna merah

Daging sapi yang berkualitas dan cocok untuk dijadikan rendang adalah daging yang berwarna merah cerah. Jika daging sapi Bunda sudah kaku dan berwarna gelap, itu tandanya penyembelihan tidak dilakukan secara cepat. Bisa jadi karena sapi stres atau kehabisan tenaga.

Selain itu, daging yang cokelat juga menandakan bahwa daging sudah tidak segar, Bunda. Hal ini menunjukkan kalau daging sudah terlalu lama terpapar di udara.

2. Beraroma segar

Jika Bunda mempunyai daging simpanan yang sudah berbau, itu tandanya daging sudah tidak layak untuk diolah, Bunda. Bau tidak sedap ini juga menunjukkan kalau daging sapi Bunda sudah mengandung kotoran.

3. Serat yang halus

Perhatikan juga serat saat membeli daging sapi, Bunda. Pastikan daging memiliki serat yang halus dan lemak yang berwarna kekuningan.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat tips mengolah daging untuk rendang yuk, Bunda.

Bunda, simak juga video ayam suwir bumbu rujak berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS MENGOLAH DAGING SAPI UNTUK RENDANG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi