sign up SIGN UP search


moms-life

Kenapa Ramadhan Disebut Bulan Kemenangan? Baca Penjelasannya di Sini Bun

Muhayati Faridatun   |   Haibunda Rabu, 14 Apr 2021 10:28 WIB
Multi generation Asian muslim family gathered for Hari Raya Puasa or Eid-Fitr caption
Jakarta -

Ramadhan sering kali kita sebut sebagai bulan yang suci. Bulan ke-9 dalam kalender Hijriyah ini juga disebut dengan bulan kemenangan. Apa sebabnya?

Sebelum itu, Bunda perlu tahu juga, Ramadhan adalah bulan bagi tamu yang dimuliakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala (SWT). Bulan ini begitu dinantikan umat Muslim di segala penjuru dunia karena penuh keberkahan. Demikian dijelaskan Prof. Dr. Masyithoh Chusnan, M.Ag.

"(Ibadah) apa saja yang kita lakukan, sebesar apapun, maka akan dilipatgandakan oleh Allah," ujar Prof. Masyithoh.


Karena itu, Bunda dan keluarga dianjurkan untuk menggiatkan ibadah di bulan Ramadhan. Selain berpuasa, umat Muslim menjalankan ibadah-ibadah lain yang pahalanya telah dijanjikan oleh Allah akan berlipat ganda. Termasuk tidur, Bunda. Kenapa?

Banner Muslimahpedia untuk Artikel

Menurut penjelasan Prof. Masyithoh, badan akan kembali bugar setelah tidur, lalu bisa melakukan ibadah lain seperti salat tarawih dan salat malam. Jadi, jangan sampai menganggap ibadah di bulan Ramadhan hanya berpuasa ya, Bunda.

"Ada juga tadarus Al Qur'an, yang betapa banyak pahalanya. Kemudian juga berbuat baik sesama manusia akan diberi pahala yang luar biasa," tuturnya.

Prof. Masyithoh lalu menjelaskan, kenapa Ramadhan disebut juga dengan bulan kemenangan. "Bagi mereka yang telah melalui Ramadhan dengan penuh perjuangan, ibadah maksimal siang dan malam, maka ketika sampai di akhir (bulan), dia akan memperoleh kemenangan karena meraih apa yang sudah diperjuangkan sesuai tujuan dan targetnya."

Ia menambahkan, itulah sebabnya ketika Idul Fitri, umat Muslim yang sudah melewati Ramadhan akan memperoleh kemenangan. Lebih lanjut, Prof. Masyithoh memaparkan empat keistimewaan bulan Ramadhan menurut sabda Rasulullah.

Bunda ingin tahu penjelasannya? Tonton langsung dalam video Muslimahpedia HaiBunda bersama 'Aisyiyah di bawah ini.

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!