sign up SIGN UP search


moms-life

Mengenal Tanaman Hias Daun Bromelia, si Cantik yang Mudah Dirawat

Vauri Audia Sabtu, 01 May 2021 12:06 WIB
Tumbuhan Bromeliad untuk interior rumah caption

Pada dasarnya, nama bunga bromelia tidak merujuk ke satu jenis tanaman hias saja. Tapi, merujuk ke satu jenis keluarga bunga yaitu keluarga Bromeliaceae. Dengan demikian, ada banyak jenis bunga bromelia yang bisa Bunda temukan.

Keindahan bunga bromelia menjadikan tanaman ini menjadi salah satu jenis tanaman hias bunga yang memiliki banyak peminat, sehingga berpotensial untuk dikembangkan.


Memiliki warna daun yang mencolok dan menghasilkan banyak varian baru seperti warna merah, hijau, kuning, berpita, garis-garis, bintik-bintik ataupun kombinasi lainnya, bromelia cocok dijadikan tanaman hias lanskap dan pot plant.

Nah, bila Bunda termasuk salah satu orang yang berminat untuk memiliki tanaman hias bunga bromelia, yuk kenali dulu cara perawatannya, dirangkum dari sumber The Spruce.

1. Cahaya

Beberapa tanaman bromelia tahan terhadap sinar matahari penuh, sementara jenis yang lain menyukai cahaya yang redup. Secara umum, varietas dengan daun lembut, lentur, dan tidak bertulang biasanya lebih menyukai tingkat cahaya yang lebih rendah.

Untuk varietas dengan daun keras dan kaku biasanya lebih menyukai cahaya tidak langsung yang terang. Selain itu, jenis tanaman yang berwarna kekuningan mungkin bisa menerima banyak cahaya, sementara tanaman yang berwarna hijau tua lebih menyukai cahaya yang minim.

banner doa mantan istri uas

2. Tanah

Tanah terbaik untuk menanam bromelia adalah campuran tanah gembur dan berpori, seperti campuran 2/3 lumut gambut dan 1/3 tanah pasir. 

Sifatnya yang epifit tropis (tanaman udara) menjadikan tanaman ini mudah beradaptasi, sehingga membuat tanaman ini lebih toleran terhadap perubahan lingkungan dibandingkan dengan tanaman lain yang sejenis.

3. Air

Penyiraman tanaman hias bunga bromelia tidak terlalu rewel. Bunga bromelia memiliki ketahanan yang cukup baik meskipun hidup dalam media tanam yang relatif kering.

Di sisi lain, bunga bromelia justru memiliki toleransi yang relatif rendah terhadap air yang berlebihan. Jika Bunda terlalu sering melakukan penyiraman, akar tanaman bromelia akan menjadi busuk dan menyebabkan tanaman lebih cepat mati.

4. Suhu dan Kelembapan

Umumnya, tanaman hias ini lebih menyukai suhu yang hangat dengan kelembapan sekitar 60 persen. Meski, tanaman ini mampu mentolerir suhu dingin hingga 20 derajat, namun idealnya, tanaman ini tidak berada di bawah suhu 40 derajat.

5. Pupuk

Bromelia bukanlah pengumpan berat. Selama musim tanam, gunakan pupuk cair yang diencerkan dengan kekuatan 1/8 atau 1/4, diterapkan setiap dua hingga empat minggu. Hindari memberi pupuk tanaman dewasa di musim dingin atau saat tanaman mulai berbunga ya, Bun.

Untuk tips lainnya, KLIK BACA HALAMAN BERIKUTNYA, Bunda!

Bromelia masuk ke dalam kategori tanaman hias tropis, Bunda. Simak referensi tanaman hias sejenis lainnya di video berikut yuk:

[Gambas:Video Haibunda]



JENIS, PENGEMBANGBIAKKAN, HINGGA PENYAKIT UMUM TANAMAN HIAS BUNGA BROMELIA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi