sign up SIGN UP search

moms-life

11 Tanaman Hias Indoor Mini yang Cocok untuk Rumah Mungil, Cantik dan Mudah Dirawat

Alicia Salsabila   |   Haibunda Kamis, 09 Mar 2023 03:00 WIB
Potted plant calathea orbifolia on a wooden table caption

Bunda ingin coba memelihara tanaman hias namun terhalang ruang dan jarak rumah yang terbatas? Tak perlu khawatir, terdapat banyak tanaman hias indoor berukuran mini yang bisa Bunda jadikan pilihan tanaman hias di rumah. 

Selain membawa suasana asri dan sejuk, kehadiran tanaman hias dipercaya mampu menyerap racun di udara lho, Bunda. Selain itu, ukurannya yang cukup kecil ini menjadikan tanaman hias mini tidak terlalu banyak memakan tempat. 

Nah, penasaran apa saja tanaman hias indoor mini yang bisa Bunda koleksi? Berikut 11 jenis tanaman hias berukuran mini yang cocok mempercantik rumah Bunda. 


Banner Hari Perempuan Internasional

Tanaman Hias Indoor Mini

Dirangkum dari House Beautiful, berikut deretan tanaman hias indoor mini yang cocok dan mudah merawatnya. 

1. Aloe Vera atau Lidah Buaya

Aloe vera ini berasal dari Jazirah Arab. Selain bisa dimanfaatkan untuk kesehatan, aloe vera bisa ditanam di pot kecil dan diletakkan pada meja kerja lho, Bunda. 

Cara menanamnya pun tidak sulit. Merawat tanaman lidah buaya sama seperti pada umumnya yang perlu air, pupuk, serta cahaya matahari. 

2. Tanaman Pothos atau sirih gading

Sirih gading memiliki daun yang berkilau saat terkena cahaya lho, Bunda. Cara merawatnya pun tak rumit, cukup berikan cahaya matahari secara tidak langsung dan sirami saat tanah sebagian besar kering. 

3. Chinese Money

Tanaman Chinese Money identik dengan daunnya yang bulat dan unik. Dengan miliki pola daun seperti itu, tanaman ini dibilang seperti uang koin China. 

Jenis tanaman ini cocok untuk dijadikan terrarium karena perawatannya cukup mudah. Dalam tradisi China, tanaman ini dipercaya membawa hoki. 

4. Tillandsia

Tillandsia atau air plant merupakan kelompok tanaman asal  yang memiliki banyak spesies sekitar 500 jenis. Tanaman ini sudah banyak tumbuh dan dijadikan sebagai tanaman hias di berbagai negara termasuk Indonesia. 

Dikarenakan tillandsia bersifat tanaman udara, maka tanaman ini tidak membutuhkan tanah sebagai media tanam. Mirip seperti anggrek, di alam liar Tillandsia mudah ditemui pada bagian pohon. 

5. Aunthurium

Miliki warna yang cerah dapat menambah kecantikan ruangan lho, Bunda. Tanaman aunthurium atau disebut tanaman kuping gajah termasuk tanaman yang cukup mudah dirawat. 

Tanaman hias ini dapat menerima semua jenis cahaya, baik secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu, tanaman ini juga tidak membutuhkan air yang terlalu banyak. 

6. Pakis Asparagus

Tanaman pakis asparagus adalah bagian dari spesies tanaman lily, Bunda. Jenis tanaman ini mudah dirawat jika Bunda ingin menambah koleksi tanaman hias di rumah. 

Tanaman ini tidak perlu terlalu sering ataupun terlalu banyak disiram. Selain itu, sebaiknya tanaman ini tidak terkena cahaya matahari secara langsung. 

7. Pilea

Daun dari tanaman ini berbentuk bundar yang tidak biasa sehingga memberikan kesan yang indah. Jenis tanaman ini membutuhkan perawatan dengan pencahayaan matahari yang tidak langsung serta siram tanah secara menyeluruh. 

8. Jade Plant

Succulent houseplant Crassula on the windowsill against the background of window. Selective focusSucculent houseplant Crassula on the windowsill against the background of window. Selective focus/ Foto: iStock

Tanaman hias jenis ini terkenal dengan daunnya yang berbentuk unik. Tebal dan hampir berbentuk oval, tanaman ini dapat hidup dalam jangka waktu yang cukup lama lho, Bunda. Selain itu, perawatan tanaman ini pun sangat mudah. 

Berikan pencahayaan dan penyiraman yang cukup pada tanaman ini agar dapat hidup hingga bertahun-tahun. 

9. Echeveria

Jenis tanaman hias ini sudah cukup populer karena dapat ditemukan di kantor-kantor maupun restoran lho, Bunda. Tanaman hias kecil ini cocok diletakkan sebagai dekorasi meja. 

Dalam perawatannya, tanaman ini hanya perlu diletakkan dekat dengan pencahayaan yang baik dan lakukan penyiraman seminggu sekali atau ketika tanah sudah cukup kering. Namun, kebanyakan dari tanaman ini mati karena overwatering atau kelebihan air ketika penyiraman. Oleh karena itu, perlu Bunda perhatikan dalam penyiraman, ya. 

10. Lithops

Tanaman lithops mampu bertahan hidup di suhu panas dengan sedikit air, Bunda. Tak hanya itu, tanaman ini juga dikenal sebagai batu hidup, dikarenakan bentuknya seperti batu atau kerikil kecil yang menjadi daya tarik unik tersendiri. 

11. Calathea

Warna dari tanaman hias ini akan memudar jika diberikan pencahayaan terlalu langsung. Sebaiknya, berikan sinar matahari secara tidak langsung pada tanaman ini dan berikan tanah yang lembab secara merata, tidak basah atau kering. 

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(fia/fia)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!