sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Dian Sastro Hadapi Budaya Nyinyir Berkaca dari RA Kartini: 'Ngga Sempet Baper'

Annisa A   |   Haibunda Rabu, 28 Apr 2021 16:00 WIB
Dian Sastro di Acara Dari Kartini untuk Indonesia caption
Jakarta -

Dian Sastrowardoyo merupakan tokoh selebriti inspiratif. Ia menjadi role model bagi para perempuan Indonesia. Bukan sekadar artis, Dian memiliki latar belakang pendidikan yang cemerlang, Bunda.

Memperingati Hari Kartini, Dian Sastrowardoyo turut hadir di acara kolaborasi HaiBunda dan detikcom dengan tema 'Dari Kartini untuk Indonesia'. Ia mengisi sesi 'Kartini Berprestasi' bersama 12 Kartini Pelajar terpilih.

Dipandu oleh host Nycta Gina, para siswi diberi kesempatan untuk bertanya langsung ke bintang film Ada Apa dengan Cinta itu. Dian menanggapi pertanyaan menarik, Bunda. Ia 'menyentil' budaya nyinyir yang kini banyak dilakukan di dunia maya.

"Kalau kita ingin lebih bahagia dan sukses dalam hidup ini, kita perlu bahagia atas kesuksesan wanita lain. Itu bisa memotivasi kita agar menjadi sukses seperti mereka. Enggak usah sirik-sirikan," kata Dian.

Dian Sastro di Acara Dari Kartini untuk IndonesiaDian Sastro di Acara Dari Kartini untuk Indonesia/ Foto: Dari Kartini untuk Indonesia


Menurut Dian, penting untuk membangun mental baja agar tidak terpengaruh oleh nyinyiran orang lain. Menurutnya, perempuan harus kuat seperti RA Kartini.

"Dulu RA Kartini enggak sempet baper-baper pas udah sekolah. Dia fokus mengemban pendidikan. Enggak usah terlalu dipikirkan, yang penting kita berusaha yang terbaik. Nanti tiba-tiba sudah banyak yang kita lakukan buat negeri ini," ujarnya.

Dian juga berpesan untuk tidak membanding-bandingkan pencapaian orang lain dengan diri kita. Hal itu justru dapat menjadi bumerang yang menjatuhkan rasa percaya diri.

"Budaya membandingkan diri dengan orang lain itu toxic, tidak baik untuk perkembangan psikologis diri sendiri dan wanita lain. Kita enggak pernah boleh nyinyir. Mau dia sukses karena good looking atau pure karena usaha, kita harus tetap bangga sama mereka," pungkasnya.


Sebelum sesi Dian Sastro bersama 12 Kartini Pelajar terpilih, sudah lebih dulu digelar sesi Talkshow bertema 'Wanita Hebat di Balik Laki-Laki Hebat' bersama empat istri pejabat. Di antaranya Arumi Bachsin (Istri Wakil Gubernur Jawa Timur), Fery Farhati (Istri Gubernur DKI Jakarta), Ida Rachmawati (Istri Menteri Kesehatan Indonesia), dan Siti Atiqoh Supriyanti (Istri Gubernur Jawa Tengah). Mereka bercerita harus merelakan waktunya untuk ikut mengemban tugas bersama suami sebagai abdi negara.


Bunda, jangan lupa simak keseruan sesi bincang inspiratif lainnya. Setelah ini, ada sesi Kartini Cilik VS Menteri Kartini. Siapa saja mereka?

Ada Siti Nurbaya Bakar (Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan), Tri Rismaharini (Menteri Sosial), dan Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri).

Para menteri wanita akan blak-blakan menjawab pertanyaan para Kartini Cilik yakni Arsy Addara Hermansyah, Neona, Baby Belle Zhou, dan Baby Moonella. Gemas! Mereka mau tanya-tanya soal apa yaaa...?

Simak terus keseruan Dari Kartini untuk Indonesia yang didukung oleh Disney Plus HotStar lewat live streaming di Haibunda dan detikcom.

(anm/anm)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!