sign up SIGN UP search


moms-life

Curhat Musisi Muda Berbakat Dianggap Remeh Gara-gara Enggak Dandan

Annisa A   |   Haibunda Rabu, 28 Apr 2021 19:25 WIB
Dari Kartini untuk Indonesia caption
Jakarta -

Bunda, persembahan Dari Kartini untuk Indonesia pada hari ini, Rabu (28/4/2021), telah selesai digelar. Sesi terakhir bertajuk Musisi Kartini dimeriahkan dengan penampilan para wanita berbakat di bidang musik.

Dipandu oleh host Nycta Gina, sesi dibuka dengan NonaRia, trio musik jazz Tanah Air yang beranggotakan tiga wanita yakni Nesia Ardi, Nanin Wardhani, dan Yasintha Pattiasina. Mereka membawakan lagu yang menyimpan pesan-pesan moral tentang perempuan, Bunda.

"Kini wanita bebas merdeka," begitu salah satu bait lirik yang dilantunkan NonaRia.

Sesi kemudian dilanjutkan dengan bincang-bincang inspiratif bersama Shanna Shannon, Jebung, dan Igditaf. Mereka saling berbagi pengalaman di industri musik. Rupanya masih ada diskriminasi yang dirasakan oleh para wanita berbakat itu, Bunda. Mereka menghadapi stereotip yang menyakitkan.

"Memang kami tidak pernah diremehkan soal bermusik. Tetapi lebih ke cap sebagai musisi, misalnya soal wanita yang dinyinyiri karena pulang malam usai menyanyi," ungkap Nanin, personel NonaRia.

Dari Kartini untuk IndonesiaMusisi Berbakat di Acara Dari Kartini untuk Indonesia/ Foto: Dari Kartini untuk Indonesia


Di sisi lain, wanita juga masih diserang dengan stereotip kecantikan. Hal itu pernah dialami oleh Jebung, TikTok creator yang viral karena suara emasnya.

"Aku merasa kadang masih suka dianggap remeh. Mungkin sebagai wanita di industri musik, ada beberapa aspek yang terlalu ditonjolkan. Misalnya dari segi penampilan, kecantikan. Masih suka ada yang bilang kalau gue harus dandan agar terlihat lebih baik dalam menyanyi," ujar pemilik nama asli Jessica Bunga ini.

Stereotip kecantikan juga sering terjadi di depan mata Shanna Shannon. Meski tidak mengalaminya, banyak teman-temannya yang menjadi korban stereotip.


Dari Kartini untuk IndonesiaShanna Shannon di Acara Dari Kartini untuk Indonesia/ Foto: Dari Kartini untuk Indonesia


Para musisi berbakat itu terus melangkah meski dihadang oleh stigma masyarakat. Mereka melantunkan lagu-lagu dengan suara emas yang menjadi bakat mereka, Bunda. Berkaca dari perjuangan RA Kartini, mereka juga bersyukur dengan adanya emansipasi wanita saat ini.

"Zaman sekarang, privilege perempuan sudah jauh lebih banyak. Bebas mau kerja, mau ngapain juga boleh yang penting kebebasannya bertanggung jawab," kata Yasintha NonaRia.

Keseruan tak berhenti sampai di situ, Bunda. Merela lalu berkolaborasi membawakan lagu spesial bertajuk Manusia Kuat. Bunda juga dibuat terhanyut oleh lantunan lagu Ibu Kita Kartini yang dinyanyikan untuk menutup acara Dari Kartini untuk Indonesia.

Tak terasa, Dari Kartini untuk Indonesia sudah menghadirkan empat segmen menarik yang dimeriahkan oleh para wanita inspiratif. Di sesi Wanita Hebat di Balik Lelaki Hebat, Bunda telah melihat empat istri pejabat yang setia mendampingi suami selama mengemban tugas negara.

Dian Sastrowardoyo juga telah menjawab pertanyaan dari 12 Kartini Pelajar di sesi Kartini Berprestasi. Tak ketinggalan dengan aksi menggemaskan dari para Kartini Cilik yang berbincang dengan para menteri wanita RI di sesi Kartini Cilik VS Menteri Kartini.

Ya, perjuangan RA Kartini dalam memperjuangkan hak-hak wanita akan terus menginspirasi perempuan masa kini. Kepribadian RA Kartini patut diikuti demi kemajuan bangsa Indonesia. RA Kartini, namanya selalu harum sepanjang masa, Bunda.

(anm/muf)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!