sign up SIGN UP search


moms-life

10 Hari Terakhir Ramadhan, 3 Amalan Ini Sangat Dianjurkan

Muhayati Faridatun Sabtu, 01 May 2021 18:09 WIB
Young muslim family reading Quran during Ramadan. Parents and kids worshiping to God, in islamic clothes at modern home caption
Jakarta -

Pada hari ini, Sabtu (1/5/2021), bertepatan dengan tanggal 19 Ramadhan 1442 Hijriah. Tak terasa ya, Bunda, kita sudah memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadhan yang penuh berkah ini.

Bagaimana nih, puasa Bunda dan keluarga masih semangat kan? Jangan kasih kendor, Bun! He he he... Seperti disampaikan Ustazah Diyah Puspitarini, M.Pd., kita harus selalu semangat dan bahagia menjalani Ramadhan, terutama mendekati akhir bulan.


"Tentu bukan hanya bayangan Idul Fitri. Karena sebelum bertemu Idul Fitri, Allah menyiapkan kenikmatan dan pahala luar biasa, apabila kita bisa melalui dengan baik," tuturnya.

Ustazah Diyah lalu menerangkan tentang memaknai 10 hari terakhir Ramadhan dengan berbagai amalan baik. Ini tertuang dalam firman Allah Subhanahu Wa Ta'Ala (SWT), Al Quran surat Al Qadr ayat 3 yang berbunyi:

لَيْلَةُ ٱلْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ

3. Artinya: "Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan."

Banner Muslimahpedia untuk Artikel

Dijelaskan, malam Lailatul Qadar adalah malam yang sangat indah seperti seribu bulan. Malam di mana kita bisa merasakan kenikmatan luar biasa, secara lahir maupun batin.

"Tetapi bukan hanya malam Lailatul Qadar saja, Bunda, tetapi 10 hari terakhir itu kita maksimalkan untuk menuntaskan amalan ibadah selama satu bulan," kata Ustazah Diyah.

Ia lalu menguraikan, ada tiga amalan yang sebaiknya kita lakukan agar kita mendapat kesempurnaan dan mencapai hari kemenangan, yakni:

1. Ibadah sungguh-sungguh

Ustazah Diyah mengatakan, Nabi Muhammad Salallahu Alayhi Wassalam (SAW) mengibaratkan kita untuk mengencangkan ikat pinggang, tak lain untuk beribadah. Kita juga dianjurkan untuk menunda kesenangan, Bunda.

"Allah juga meminta hambanya tidak berhenti dan tidak merasa puas, meski sudah melakukan banyak hal di bulan Ramadhan. Maka, tuntaskan 10 hari terakhir dengan ibadah sungguh-sungguh," ujarnya.

Masih ada dua amalan lainnya, Bunda. Simak yuk penjelasan Ustazah Diyah selengkapnya dalam video Muslimahpedia HaiBunda bersama 'Aisyiyah di bawah ini.

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi