sign up SIGN UP search


moms-life

Hikmah Baca Al Quran Saat Ramadhan Menurut Sabda Nabi: Dikerumuni Malaikat

Muhayati Faridatun Minggu, 02 May 2021 17:47 WIB
Muslim young woman reading Koran. Horizontal composition. Ilustrasi baca Al Quran/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Alihan Usullu
Jakarta -

Bunda, banyak amalan yang bisa kita lakukan saat bulan Ramadhan. Salah satu amalan utama adalah membaca Al Quran, sebagai penyempurna ibadah wajib yakni berpuasa.

Dijelaskan Dra.Cholifah Syukri, M.A., Ramadhan adalah bulan istimewa, dimana amalan kebaikan dilipatgandakan, dosa-dosa diampuni, dan derajat takwa ditingkatkan. Maka, kita dianjurkan melakukan amalan-amalan utama (fadhailul 'amal).


"Adapun di antara amalan utama pada bulan Ramadhan itu adalah membaca Al Quran," ujarnya.

Banner Muslimahpedia untuk Artikel

Ustazah Cholifah menerangkan, ada peristiwa penting di bulan Ramadhan yakni Nuzulul Quran. Peristiwa di mana Allah Subhanahu Wa Ta'ala menurunkan wahyu, Al Quran, kepada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril.

"Al Quran sebagai kitabullah merupakan sumber dari segala sumber petunjuk bagi umat manusia. Namun, untuk mendapat petunjuk dari Al Quran, tidak ada jalan lain melainkan harus membacanya," tutur Ustazah Cholifah.

Dijelaskan juga, membaca Al Quran dan mempelajari makna, serta tafsir, khususnya pada bulan Ramadhan, sudah menjadi tradisi atau kebiasaan dengan istilah tadarus. Ustazah Cholifah lalu mengutip hadis dari Abu Hurairah, riwayat Muslim, Rasulullah bersabda:

"Dan apabila berkumpul suatu kaum dalam majelis (baitullah) untuk membaca kitab Allah dan mempelajari, maka pasti turun pada mereka ketenangan, diliputi/dicurahkan rahmat dan dikerumuni Malaikat serta disebut-sebut oleh Allah di depan para Malaikat yang ada padaNya". (H.R.Muslim)

Lalu, bagaimana cara agar kita bisa mendapat hikmah seperti diterangkan dalam sabda Rasulullah tersebut? Bunda bisa simak penjelasan Ustazah Cholifah selengkapnya dalam video Muslimahpedia HaiBunda bersama 'Aisyiyah di bawah ini.

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi