sign up SIGN UP search


moms-life

Tak Dapat ART Infal Saat Lebaran, Ini Tips Ajak Suami & Anak Berbagi Pekerjaan Rumah

Mutiara Putri Selasa, 04 May 2021 10:41 WIB
Housekeeping And Cleaning Service Concept. Happy Couple Giving High Five To Each Other After Spring-Clean In Apartment Ilustrasi Bersihkan Rumah/Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio
Jakarta -

Bunda, Hari Raya Idul Fitri semakin dekat, nih. Sebelum mudik dilarang oleh pemerintah, ART yang bekerja di rumah sudah mulai minta izin untuk pulang kampung, ya?

Jangan khawatir kalau si ART Bunda mudik untuk sementara. Bunda bisa menggantikannya sementara waktu untuk membereskan rumah selama libur lebaran.

Bunda bisa gunakan Asisten Rumah Tangga (ART) infal, nih. ART infal adalah ART sementara yang menggantikan si Mbak, Bunda. Biasanya, Bunda bisa menyewa ART infal mulai dari jangka waktu 10 hingga 30 hari, Bunda.


Tapi, mendapatkan ART infal di saat pandemi dan menjelang lebaran mungkin sedikit merepotkan, ya. Bisa-bisa Bunda enggak dapat ART infal yang diinginkan, nih.

Tenang aja, Bunda. Bunda tetap bisa menjaga dan membersihkan rumah bersama dengan suami kok. Bunda juga bisa delegasikan tugas ke anak-anak untuk membantu sesuai kapabilitas mereka.

Dilansir laman Inspirelle, berikut ini adalah daftar pekerjaan yang bisa dilakukan oleh anak, berdasarkan dari umur mereka, Bunda.

1. Usia 2-3 tahun

Si kecil berusia 2 hingga 3 tahun bisa bantu membereskan mainannya sendiri, Bunda. Mereka juga bisa memberi makan hewan peliharaan, membawa pakaian kotor ke keranjang cucian, hingga meletakkan serbet di atas meja.

Selain itu, si kecil juga bisa nih Bunda ajarkan membersihkan perabot yang rendah dengan kain.

2. Usia 4-5 tahun

Si kecil yang sudah memasuki usia 4 hingga 5 tahun juga bisa membantu Bunda, lho. Mereka bisa bantu merapikan tempat tidur, mengatur meja, menyiram tanaman, hingga membantu Bunda menyimpan bahan makanan.

3. Usia 6-8 tahun

Anak dengan usia 6 hingga 8 tahun sudah terbilang cukup besar dan mahir dalam membantu pekerjaan rumah tangga, Bunda.

Mereka mulai bisa membantu Bunda dengan menyimpan pakaian, melipat celana, kaus kaki, dan kemeja, membantu mencuci mobil, hingga membersihkan kamar tidur mereka.

4. Usia 9-10 tahun

Usia 9 hingga 10 tahun hampir memasuki masa remaja nih, Bunda. Mereka bisa membantu Bunda dengan membersihkan bak mandi atau wastafel, membantu menyiapkan makanan, hingga membersihkan lantai dengan menyapu dan mengepel.

5. Usia 11 hingga lebih

Anak dengan usia 11 dan di atasnya sudah tidak bisa disebut sebagai anak kecil lagi ya, Bunda. Mereka juga mungkin enggak disebut sebagai anak-anak. Karena itu, mereka bisa membantu Bunda dengan pekerjaan rumah tangga yang lebih berat.

Pekerjaan itu misalnya membantu menyiapkan makanan, mencuci mobil dan menyedot debu di bagian dalam mobil, berbelanja bahan makanan, hingga mencuci piring.

Selain itu, ada beberapa tips agar si Ayah juga ikut membantu di kala Bunda tak mendapatkan ART infal, nih. Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, intip juga video keutamaan puasa bagi kesehatan berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS MENGAJAK SUAMI BANTU BUNDA BERSIHKAN RUMAH SAAT TAK ADA ART INFAL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi