sign up SIGN UP search


moms-life

Resep Rawon Istimewa Khas Jawa Timur, Lengkap dengan Bahan & Langkah Memasak

Tim HaiBunda Jumat, 14 May 2021 19:35 WIB
Rawon. traditional Indonesian beef black soup culinary caption
Jakarta -

Rawon merupakan salah satu hidangan khas Jawa timur yang sangat unik. Hal ini disebabkan karena rawon memiliki kuah yang berwarna hitam.

Meskipun kuah rawon ini memiliki warna hitam, rasa dari rawon ini jauh dari kata pahit. Sebaliknya, rawon punya rasa gurih unik berbeda hasil paduan dari seluruh bumbu yang ada di dalamnya.

Karena rasanya yang spesial, rawon menjadi salah satu hidangan paling populer untuk keluarga. Bunda juga bisa menggunakannya untuk menu buka puasa, untuk hari spesial seperti lebaran, dan untuk menu kejutan di meja makan.


Banner Santriwati Dinikahi Miliuner ArabFoto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Untuk Bunda yang ingin memulai usaha, bisa juga menjual hidangan rawon dan menghasilkan rupiah dari resep ini. Lalu bagaimana cara pembuatan rawon ini?

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Rawon merupakan salah satu hidangan Indonesia khususnya Jawa yang cukup sulit untuk dibuat. Selain karena keunikan bahannya, rawon juga membutuhkan bumbu yang sangat banyak. Akan tetapi dalam resep ini, kami akan memberikan ulasan mengenai resep rawon yang cukup sederhana dan membutuhkan waktu yang cukup cepat.

Namun, seperti disebutkan sebelumnya, dalam memasak rawon, dibutuhkan banyak bahan. Oleh karena itu, untuk memasak hidangan rawon dalam resep ini, Bunda akan membutuhkan beberapa bahan. Bahan- bahan ini akan dibagi menjadi empat kategori yaitu :

1. Bahan daging

Untuk membuat rawon, Bunda akan membutuhkan daging sapi. Jumlah daging sapi yang dibutuhkan dalam resep ini adalah sekitar ½ kg.

Sedangkan jenis daging sapi yang dibutuhkan adalah daging sapi sengkel. Jenis daging sapi sengkel ini lebih dipilih karena ia memiliki lemak dan urat yang cukup banyak. Lemak dari daging sapi sengkel ini akan memberikan rasa yang gurih sedangkan urat akan membuat hidangan rawon Bunda menjadi lebih terasa.

Daging ini nantinya akan dipotong dadu. Untuk ukurannya terserah Bunda. Bunda bisa memotongnya dengan ukuran kecil atau bisa juga memotong dengan ukuran besar.

2. Bumbu halus

Selanjutnya, bahan yang harus Bunda siapkan adalah bahan bumbu halus. Bumbu halus ini merupakan bumbu utama atau bumbu dasar dalam resep rawon. Jenis bumbu halus ini antara lain adalah :

  • Kluwek yang diambil isinya sebanyak 6 butir
  • Kemiri sebanyak 5 butir disangrai dan di potong-potong
  • Bawang merah sebanyak 8 siung
  • Bawang putih sebanyak 5 siung
  • Kunyit sebanyak 1 jempol

Bumbu di atas nantinya akan dihaluskan. Bunda bisa menghaluskan bumbu ini dengan menggunakan blender atau bisa juga menggunakan ulekan. Akan tetapi lebih baik menggunakan chopper tanpa air agar lebih mudah dalam penumisan.

3. Bumbu kering

Selanjutnya adalah bumbu kering. Bumbu kering digunakan untuk memberikan aroma lebih banyak pada resep rawon ini. Bumbu kering yang dibutuhkan dalam resep ini antara lain adalah :

  • Garam sebanyak 1,5 sendok makan rata
  • Gula sebanyak 1,5 sendok makan rata
  • Merica sebanyak 1 sendok teh
  • Ketumbar bubuk sebanyak 1 sendok teh
  • Jintan bubuk sebanyak ½ sendok teh
  • Sereh sebanyak 3 batang, ambil putihnya saja
  • Lengkuas sepanjang 2 jempol
  • Jahe sebanyak 1 jempol
  • Daun jeruk sebanyak 5 lembar
  • Daun salam sebanyak 5 lembar
rawon dinobatkan sebagai sup terenak se-Asia versi situs TasteAtlasRawon/ Foto: Instagram @seasia.co , iStock


Bumbu ini nantinya akan dimasukkan dalam penumisan dan tidak diblender terlebih dahulu. Untuk bahan-bahan yang padat seperti jahe, lengkuas, dan sereh hanya akan digeprek dan diiris untuk mendapatkan aroma yang lebih kuat.

4. Bumbu bahan pelengkap

Bahan terakhir yang akan Bunda butuhkan untuk resep rawon ini adalah bahan pelengkap. Bahan pelengkap merupakan bahan yang dibutuhkan untuk melengkapi resep dalam proses peracikan akhir.

Beberapa jenis bahan pelengkap yang dibutuhkan ini antara lain;

  • Daun bawang
  • Bawang goreng
  • Kecambah
  • Telur asin
  • Sambal terasi

5. Cara memasak rawon

Seperti disebutkan sebelumnya, dalam resep ini kami akan memberikan resep rawon yang super sederhana dan lebih cepat. lalu bagaimana cara memasaknya? Berikut ini adalah ulasannya.

  1. Langkah awal yang harus Bunda lakukan adalah mempersiapkan bahan-bahan di atas, bahan paling utama adalah bahan kluwek. Jika tidak memiliki kluwek, Bunda tidak akan bisa membuat hidangan rawon ini.
  2. Kluwek pertama dihancurkan dan diambil isinya. Bagian dalam kluwek ini memiliki warna cokelat gelap. Akan tetapi Bunda tidak perlu khawatir karena ia akan menghitam saat sudah dimasak nanti.
  3. Kluwek dikeluarkan dan kemudian dimasukkan ke dalam penghalus.Setelah kluwek dihaluskan, Bunda bisa meniriskan kluwek tersebut terlebih dahulu.
  4. Setelah itu ambil bumbu halus yang sudah disiapkan, lalu masukkan ke blender atau penghalus. Jangan lupa untuk mengiris kemiri terlebih dahulu untuk memudahkan blender melembutkannya. Jika tidak di ris, biasanya kemiri akan tersisa dengan bentuk bulat kecil di dalam bumbu.
  5. Setelah itu masukkan kluwek dan bumbu halus yang sudah dihaluskan ke dalam panci masak, masak hingga aromanya wangi.
  6. Jika sudah sedikit harum, langkah selanjutnya adalah memasukkan bumbu rempah kering berupa sereh, jahe lengkuas, dan daun-daunan.
  7. Sangat penting bagi Bunda untuk memasak bumbu hingga benar-benar matang. oleh karena itu, Bunda akan membutuhkan api sedang.
  8. Bunda bisa memasak bumbu hingga kurang lebih 10 menit. Tujuannya agar bumbu matang maksimal dan menghindari aroma langu. Aroma langu bisa membuat rawon Anda nantinya kurang nikmat saat dikonsumsi.
  9. Setelah aroma makin kuat, langkah selanjutnya adalah memasukkan air. Air yang dibutuhkan dalam pemasakan rawon ini adalah sekitar 1,5 liter.
  10. Setelah air tercampur dengan bumbu, masukkan daging yang sudah dipotong dadu.
  11. Masukkan bumbu-bumbu kering sisa dan masak hingga matang.
  12. Untuk memasak rawon di atas hingga benar-benar masak, Bunda akan membutuhkan waktu yang cukup panjang. Tujuannya agar daging benar-benar empuk yang menjadi ciri khas dari sayur rawon. Akan tetapi jika Bunda ingin rawon cepat matang, Bunda bisa memasak resep di atas dengan menggunakan pressure cooker.
  13. Jika Bunda memasak dengan menggunakan pressure cooker, hanya akan membutuhkan waktu sebanyak 45 menit paling lama guna memastikan daging empuk dan minyaknya keluar. Cara ini akan benar-benar membuat hidangan rawon Bunda lezat dan nikmat.

Untuk Bunda yang ingin menambahkan cita rasa unik pada hidangan rawon, Bunda bisa memasukkan tomat bersamaan dengan saat memasukkan daging dalam panci masakan. Dengan tomat, rasa makanan akan menjadi makin sedap dan unik.

Nah setelah semuanya selesai, Bunda bisa menata hidangan. Bunda bisa memasukkan kecambah ke dalam hidangan rawon yang sudah jadi pada saat disajikan.

Jangan lupa untuk memasukkan telur asin dan sambal untuk melengkapi rasa rawon. Untuk sambalnya, biasanya sambal rawon dibuat mentah agar rasanya lebih otentik. Untuk resep sambal rawon sendiri Anda bisa cari di internet. Atau jika ada sambal terasi jadi, bisa juga Bunda gunakan.

Rawon di atas sangat menggoda ya, Bun. Selanjutnya simak juga video mengenai tempat makan rawon yang unik banget berikut ini!

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!