sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Merawat Corkscrew Albuca, Tanaman Hias Sukulen Unik Berdaun Spiral

Vauri Audia Senin, 07 Jun 2021 04:01 WIB
Leaves of a corkscrew albuca, Albuca spiralis, with a white background. caption

Biasanya, daun pada suatu pohon bentuknya lonjong atau oval. Namun, daun yang satu ini punya bentuk yang berbeda. Tanaman hias ini banyak ditemukan di gurun Namibia, Afrika Selatan. Namanya adalah Albuca spiralis

Albuca spiralis adalah sejenis sukulen yang tumbuh dari umbi bawah tanah dengan bentuk daun melingkar di setiap ujungnya. Tanaman ini disebut juga spiral albuca atau corkscrew albuca karena daunnya terlihat seperti lengkungan hijau kecil.

Ukurannya yang kecil dan menggemaskan sangat cocok bila diletakkan di mana saja dengan sinar matahari penuh. Sangat cocok untuk melengkapi ornamen rumah yang berlekuk-lekuk, ya, Bunda.


Bunda yang ingin menanam tanaman hias langka ini, harus tahu cara perawatannya, agar corkscrew albuca Bunda dapat bertahan hidup dan tumbuh subur. Dirangkum dari sumber Better Homes & Gardens, berikut tipsnya.

Banner Raeni

1. Cahaya

Seperti kebanyakan sukulen, tanaman ini lebih menyukai lokasi yang hangat dan kering. Tanaman ini paling baik tumbuh di pot tanah liat dengan lubang drainase yang baik, dengan suhu di atas 15°C.

Jika Bunda meletakkannya di luar ruangan, Bunda tidak boleh lupa memindahkannya ke dalam ruangan yang hangat saat cuaca sedang dingin seperti ketika hujan.

Corkscrew albuca memang membutuhkan banyak cahaya, namun jika Bunda memindahkannya ke lokasi di bawah sinar matahari langsung akan menyebabkan daun mudah terbakar. Solusinya, letakkan tanaman hias ini di dekat jendela dengan sinar matahari teduh.

2. Pemupukan

Jika Bunda baru memulai memelihara albuca spiralis, maka tempatkan benihnya ke dalam pot tanah liat dengan campuran tanah pot berpasir, lalu keringkan. Dibutuhkan sekitar 12 minggu agar tanaman mulai menunjukkan pertumbuhannya.

Pada awalnya, tanaman ini akan menumbuhkan daun yang lurus, namun semakin tumbuh dewasa daunnya akan tumbuh melingkar di setiap ujungnya. Jika ingin hasil yang instan, membeli tanaman yang sudah tumbuh dewasa bisa dicoba untuk segera meletakkannya di rumah Bunda.

3. Penyiraman

Lakukan penyiraman ringan sekitar satu atau dua minggu sekali setiap kali tanah terasa kering. Selain itu, jika menemukan ujung daun berwarna kecokelatan dan mengering, itu berarti Bunda juga perlu rutin menyiramnya.

Ketika daunnya benar-benar menguning, saatnya Bunda memangkas tanaman hias ini dengan hati-hati. Akan lebih bagus lagi, bila Bunda menambahkan pupuk cair khusus sukulen setiap sebulan sekali.

Adakah tanaman yang mendatangkan rezeki menurut ajaran Islam? Simak penjelasannya di video ini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]

PERTUMBUHAN & PENEMPATAN TANAMAN HIAS SUKULEN CORKSCREW ALBUCA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi