sign up SIGN UP search


moms-life

10 Tanaman Hias yang Dapat Jadi Pengusir Nyamuk Alami

Vauri Audia   |   Haibunda Selasa, 18 May 2021 04:00 WIB
lavender flowers on windowsill caption

Berbagai serangga terutama nyamuk, kerap hadir di rumah dan dapat mengganggu kenyamanan aktivitas Bunda dan keluarga. Untuk mengatasinya, Bunda bisa gunakan obat pembasmi nyamuk, atau bisa juga memanfaatkan beberapa tanaman hias.

Betul, Bunda. Beberapa tanaman memang memiliki wangi yang tak disukai nyamuk sehingga jika ditempatkan di area tertentu, nyamuk takkan berani mendekat. Tanaman tersebut juga bisa Bunda manfaatkan sebagai tanaman hias jika ditempatkan di sekitar rumah.

Dilansir dari sumber Garden Design, berikut sepuluh jenis tanaman hias ini bisa menjadi alternatif pengusir nyamuk.


1. Lavender

Sudah tak asing lagi, aroma harum dari minyak esensial yang terkandung di bunga lavender memang sudah dikenal sebagai "musuh" bagi para nyamuk. Bahkan, minyak lavender dikatakan mampu menghambat kemampuan nyamuk untuk mencium!

Bila Bunda tertarik untuk menanamnya pun tidak akan sulit, karena tanaman ini sangat tangguh dan tahan kekeringan setelah ditanam. Warnanya juga cantik, pas untuk mempermanis pekarangan rumah Bunda.

2. Marigold

Tanaman yang satu ini memiliki varian warna yang cerah seperti kuning, oranye, dan merah. Uniknya, walaupun tanaman ini menghasilkan bunga-bunga yang berwarna cerah, tetapi aroma yang dihasilkan oleh marigold mampu mencegah lalat, agas, dan nyamuk muncul di sekitar rumah.

3. Rumput Serai

Brooklyn Botanic Garden merekomendasikan tanaman yang beraroma lemon seperti rumput serai ini untuk mengusir nyamuk. Tanaman ini paling baik ditanam di kebun luas dengan iklim yang lebih hangat dan cerah karena tidak tahan terhadap embun beku. 

Tanaman ini cocok untuk diletakkan di area outdoor, Bunda. Dengan penataan yang tepat, tanaman herbal pun bisa jadi tanaman hias.

4. Catnip

Catnip adalah tanaman dari keluarga mint yang sering tumbuh liar di halaman atau padang rumput. Walaupun begitu, tanaman ini juga dipasarkan secara komersial sebagai pengusir nyamuk.

Dalam sebuah penelitian di Iowa State University, catnip atau yang juga dikenal dengan nama catmint ini ditemukan sepuluh kali lebih efektif daripada DEET, bahan kimia yang digunakan sebagai pembasmi serangga.

5. Rosemary

New York Botanical Garden dan PlantShed merekomendasikan tanaman rosemary sebagai pengusir nyamuk alami. Selain ampuh mengusir nyamuk, tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan barat maupun aromaterapi.

Bunda bisa tanam rosemary dalam pot kecil dan meletakkannya di dalam rumah yang terkena cahaya matahari. Daun-daun kecilnya bagus untuk mempermanis rumah.

6. Basil

Bau tajam yang dihasilkan dari tanaman ini mampu mencegah kehadiran hama dan serangga di dalam rumah. Bila akan menanamnya, Bunda harus rutin memeriksa kelembapannya, serta perhatikan drainase dan kebutuhan sinar mataharinya yang banyak.

Bunda bisa letakkan di depan pintu atau di dalam rumah yang terkena sinar matahari. Letakkan di pot cantik, voila! Jadi deh tanaman hias multifungsi.

Untuk jenis lainnya, klik halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga tanaman hias Aglaonema dengan daun unik dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



GERANIUM HINGGA SAGE UNTUK MENGUSIR NYAMUK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!