sign up SIGN UP search


moms-life

5 Gejala Baru COVID-19 yang Sering Dirasakan Pasien, Bersin Salah Satunya

Mutiara Putri   |   Haibunda Minggu, 20 Jun 2021 15:00 WIB
Shot of a young woman blowing her nose with a tissue at home caption
Jakarta -

Indonesia kembali mengalami lonjakan kasus positif COVID-19, Bunda. Karena itu, Bunda dan keluarga harus tetap waspada dan selalu mematuhi protokol kesehatan, ya.

Seiring dengan berjalannya waktu, virus Corona kini memiliki banyak varian, Bunda. Tak hanya itu, gejala yang ditimbulkan pun kini sudah semakin bertambah.

Seorang peneliti gejala COVID-19 ternama, Tim Spector, mendesak pemerintah untuk memperbarui daftar gejala 'klasik' atau gejala umum dari virus yang berasal dari Wuhan, China, ini. Ia mengatakan bahwa gejala virus ini bukan lagi hanya demam dan batuk.


Pendiri studi gejala COVID ZOE sekaligus ahli epidemiologi di King's College ini mengatakan bahwa kini bersin menjadi salah satu tanda COVID-19 yang paling umum, Bunda. Selain itu, berdasarkan data terbaru juga dikatakan ada beberapa gejala lain seperti sakit kepala, pilek, dan sakit tenggorokan.

Rumah Mewah Bocah Madura di ArabRumah Mewah Bocah Madura di Arab/ Foto: Mia Kurnia Sari

Data ini didapatkan dari seorang pasien yang dinyatakan positif COVID-19 lewat tes PCR, Bunda. Tak hanya itu, Profesor Spector juga menempatkan sakit kepala sebagai posisi pertama gejala COVID-19 yang paling umum.

Dengan demikian, Profesor Spector menjelaskan bahwa lima gejala baru teratas yang umum dialami pasien Corona adalah sakit kepala, pilek, sakit tenggorokan, bersin, dan batuk. Profesor Spector juga menjelaskan dua gejala lainnya lho, Bunda.

Kira-kira apa saja gejala lain yang dimaksudkan oleh Profesor Tim Spector, ya? Lalu, di mana posisi gejala demam yang biasa dialami oleh penderita COVID-19?

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

(mua)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!