sign up SIGN UP search


moms-life

Tetap Waspada Bun! Ini 4 Cara Memproteksi Diri Meski Sudah Vaksin Covid-19

Mutiara Putri Sabtu, 19 Jun 2021 15:50 WIB
Doctor giving patient vaccine, flu or influenza shot or taking blood test with needle. Nurse with injection or syringe. Cropped image of handsome mature doctor in protective gloves making woman an injection caption
Jakarta -

Pertambahan kasus positif COVID-19 di Indonesia semakin hari semakin membeludak, Bunda. Meski sudah mendapatkan vaksin, nyatanya masih banyak masyarakat yang bandel dan melepas alat proteksi diri seperti masker.

Dilihat dari laman resmi covid19.go.id, terhitung pada Kamis (17/6.2021), kasus positif di Indonesia sudah mencapai 1.950.276 kasus, Bunda. Sementara itu kasus meninggal COVID-19 di Indonesia mencapai angka 53.753.

Langkah vaksinasi yang digalakkan oleh pemerintah merupakan salah satu cara untuk mencegah penularan virus yang berasal dari Wuhan, China, ini. Sayangnya, target untuk mencapai herd immunity adalah 75 persen penduduk yang harus mendapatkan vaksin. Sementara kegiatan vaksinasi di Indonesia masih terbilang cukup rendah.


Hal ini juga diungkapkan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Vaksinolog, dr. Dirga Sakti Rambe M, sc, Sp, PD. Beliau mengungkapkan bahwa penduduk Indonesia yang telah divaksin tahap 1 sebesar 11 persen. Sementara yang mendapat vaksin lengkap sebesar 6,3 persen.

Rumah Mewah Bocah Madura di ArabRumah Mewah Bocah Madura di Arab/ Foto: Mia Kurnia Sari

"Saat ini, persentase penduduk Indonesia yang telah divaksin 1 kali sebesar 11 persen dan vaksinasi lengkap sebesar 6,3 persen. Angka tersebut masih terbilang kecil dari total populasi Indonesia saat ini," katanya dalam acara webinar SOS Personal Hygiene Serukan #TetapWaspada, Beri Perlindungan Maksimal Hadapi Ancaman Virus Berbahaya, beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, Bunda, Dirga juga mengungkapkan bahwa saat ini ada ancaman lain yakni berupa mutasi virus baru yang ditemukan di Indonesia. Karenanya, Bunda dan keluarga perlu meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan vaksinasi.

"Saat ini kita dihadapkan pada ancaman berupa mutasi virus baru yang mulai ditemukan di tanah air. Kewaspadaan tentu perlu semakin ditingkatkan. Karena perlu untuk dipahami, kehadiran vaksin memang menjadi langkah pencegahan yang penting diambil untuk membentuk Herd Immunity," jelasnya.

Meski begitu, Dirga mengatakan bahwa langkah vaksinasi bukanlah langkah yang 100 persen efektif untuk mencegah pemaparan virus corona. Bunda juga perlu memadukan vaksinasi dengan perlindungan dari luar.

"Tidak ada langkah pencegahan yang 100 persen efektif. Memadukan perlindungan dari dalam dan luar menjadi upaya yang bisa kita lakukan bersama, untuk mengurangi risiko terpapar atau tertular virus," ungkap dr. Dirga.

Untuk Bunda yang sudah divaksinasi, ada beberapa hal yang bisa Bunda lakukan untuk memaksimalkan proteksi diri dari penularan virus corona ini, lho.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, simak juga video persiapan tenaga kesehatan untuk vaksinasi covid-19 berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



GUNAKAN MASKER BERKUALITAS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!