sign up SIGN UP search


moms-life

5 Cara Mudah Merawat Tanaman Hias Heliotrop, Pastikan pH Tanahnya Sesuai Bun

Mutiara Putri   |   Haibunda Jumat, 02 Jul 2021 04:00 WIB
Heliotropium arborescens is a famous of flowering plants caption
Jakarta -

Kalau Bunda suka dengan tanaman hias beraroma harum, Bunda mungkin akan senang dengan tanaman hias heliotrop. Tanaman ini adalah tanaman berbunga dari keluarga Boraginaceae yang terdiri dari banyak spesies, lho. Yakni sekitar 325 spesies.

Tanaman hias heliotrop merupakan tanaman yang populer karena bunganya yang menakjubkan dan aromanya yang sangat khas. Bunga heliotrop tumbuh dan mengikuti arah matahari.

Beberapa tukang kebun menggambarkan aroma heliotrop seperti vanila, Bunda. Namun, beberapa yang lainnya mengatakan aroma heliotrop seperti kue ceri.


Warna tanaman heliotrop sangat cantik, Bunda. Biasanya Bunda akan menemukan tanaman yang berasal dari Peru ini dengan warna putih, lavender, dan ungu.

Cara merawat tanaman hias Heliotrop

Kalau Bunda ingin menambahkan heliotrop ke dalam koleksi tanaman hias, ada cara mudah untuk merawatnya, nih. Mengutip dari laman The Spruce, berikut ini adalah tips dan cara mudah merawat tanaman hias heliotrop.

1. Cahaya

Heliotrop merupakan salah satu tanaman hias yang membutuhkan sinar matahari penuh untuk tumbuh sempurna, Bunda. Setidaknya, heliotrop butuh enam jam terpapar sinar matahari langsung dalam sehari.

Meski begitu, heliotrop lebih menyukai sinar matahari di pagi hari, lho. Sinar matahari sore yang intens justru bisa membakar bunga-bunganya yang lembut.

2. Air

Tanaman hias heliotrop membutuhkan banyak air untuk bisa berkembang, Bunda. Bunda perlu menyiraminya agar tanah heliotrop terjaga kelembapannya.

Meski heliotrop menyukai air, pastikan jangan sampai tergenang dan jangan biarkan tanahnya mengering. Ketika ditanam di dalam wadah, heliotrop perlu disiram secara teratur karena tanaman akan menyerap air lebih cepat.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, simak juga video cara membersihkan tanaman hias di dalam rumah berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TANAH HINGGA PUPUK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!