moms-life

Bunda Perlu Tahu, Ini Hukum dan Niat Puasa Qadha

Mutiara Putri   |   HaiBunda

Senin, 12 Jul 2021 17:08 WIB

Membayar hutang puasa dengan puasa qadha wajib dilakukan bagi siapa saja yang meninggalkannya, Bunda. Namun, banyak orang yang masih bingung tentang cara membayarnya, Bunda.

Melansir dari buku Qadha dan Fidyah, Jumhur ulama tidak mewajibkan mengqadha puasa secara berturut-turut karena tidak ada nash yang menyebutkan hal ini sebagai keharusan. Sementara itu, kata berturut-turut sendiri dalamĀ Al-Quran tidak berlaku lagi.

Meski begitu, sebagian ulama tak menyalahkan pendapat ini, Bunda. Mereka mengatakan mengqadha puasa boleh dilakukan secara berturut-turut jika mampu menjalaninya.


Sementara itu, pelaksanaan puasa qadha boleh diperkuat dengan adanya sebuah hadis dari Ibnu Umar. Hadis tersebut menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah menjelaskan puasa qadha boleh dilakukan secara berurutan atau terpisah.

"Qadha puasa Ramadhan itu jika ia berkehendak maka boleh melakukannya secara terpisah. Dan, jika ia berkehendak maka ia boleh juga melakukan secara berurutan." (HR. Daruquthni).

Demikian penjelasan mengenai hukum, niat, serta tuntunan pelaksanaan puasa qadha, Bunda. Semoga informasi yang diberikan bisa bermanfaat, ya!

(mua/som)
Loading...

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT