sign up SIGN UP search


moms-life

Tips dan Cara Merawat Tanaman Hias Janda Bolong Agar Tumbuh Subur dan Cantik

Mutiara Putri   |   Haibunda Sabtu, 07 Aug 2021 04:00 WIB
Monstera Monkey Mask houseplant against the gray brick wall caption
Jakarta -

Mengoleksi tanaman hias adalah salah satu cara menghibur diri di kala pandemi, Bunda. Selama pandemi, sudah ada berbagai jenis tanaman hias yang kerap diburu oleh kolektor sehingga memiliki harga selangit.

Salah satu tanaman hias yang pernah fenomenal dan langka di masyarakat adalah tanaman hias monstera andansonii atau yang lebih dikenal dengan janda bolong.

Janda bolong merupakan jenis tanaman hias tropis yang tengah digandrungi oleh masyarakat dan sangat cocok untuk Bunda yang punya rumah minimalis, nih. Monstera yang satu ini memiliki daun berlubang dengan bentuk oval yang tak beraturan. Tanaman ini berasal dari daerah Amerika Tengah dan Amerika Selatan, lho.


Sempat memiliki harga selangit hingga Rp95 juta, kini janda bolong sudah mulai tersebar di berbagai sudut, Bunda. Harganya yang semua mencapai jutaan per daun pun kini mulai menurun.

Tips merawat tanaman hias janda bolong

Kalau Bunda sudah memutuskan untuk merawat tanaman hias fenomenal satu ini, Bunda bisa lihat beberapa tips untuk merawatnya agar tumbuh subur. Berikut ini tips dan cara merawat janda bolong yang dilansir dari laman Plantophiles.

1. Cahaya

Monstera satu ini berasal dari hutan yang jarang penerangan, Bunda. Karena itu, janda bolong lebih suka berada di dekat sinar matahari yang tidak langsung. Cahaya tidak langsung yang terang adalah yang terbaik agar janda bolong bisa tumbuh dengan baik.

Kalau Bunda menanamnya di dalam ruangan, tentunya cahaya yang mereka terima akan jauh lebih lemah daripada sinar matahari. Karena itu, pastikan Bunda berikan pencahayaan yang sesuai, ya.

2. Penyiraman

Merawat monstera adansonii memang cukup mudah. Namun, dalam urusan penyiraman, Bunda perlu sedikit berhati-hati karena mereka sedikit rewel.

Usahakan Bunda menyirami janda bolong secara teratur serta pastikan tanahnya lembap namun tidak basah. Umumnya, janda bolong bisa Bunda sirami setiap seminggu sekali jika ditanam di dalam ruangan.

Pastikan juga tanahnya tidak benar-benar dalam keadaan kering sehingga kelembapannya terjaga, Bunda. Kelebihan penyiraman bisa jadi masalah umum. Pastikan drainasenya bagus di bawah pot, ya.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, intip juga video mitos merawat tanaman hias sukulen berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PERHATIKAN JUGA SUHU HINGGA PUPUK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!