sign up SIGN UP search


moms-life

4 Tampilan Rumah Minimalis yang Tercermin dari Gaya Parenting, Bunda Tipe Mana?

Arina Yulistara   |   Haibunda Sabtu, 14 Aug 2021 03:00 WIB
Picture of colorful decoration in kids room caption

Cara Bunda mengajari anak-anak rupanya bisa mempengaruhi penataan atau dekorasi rumah minimalis. Apakah Bunda termasuk orangtua yang tegas atau santai? Atau mungkin campuran di antara keduanya?

Pola pengasuhan Bunda bisa mempengaruhi penampilan rumah. Menurut para ahli, ada empat kategori gaya asuh orangtua. Mulai dari cara asuh yang ketat seperti authoritarian, kemudian paling disukai itu authoritative, ada permissive, dan terakhir uninvolved.

Pola gaya asuh ini akan mempengaruhi aktivitas sehari-hari termasuk cara mendekorasi serta membersihkan rumah. Apakah semua barang tertata dengan rapi sesuai dengan warna atau jenisnya? Atau mungkin dekorasi rumah terlihat berantakan?


Semua tergantung cara Bunda mengajari anak-anak. Dilansir dari The Spruce, berikut empat gaya parenting yang pengaruhi cara mendekorasi rumah. Bunda tipe yang mana ya?

Authoritarian (Otoriter)

Jika gaya asuh Bunda otoriter berarti tipe penegak aturan atau orangtua yang harus dituruti segala perintahnya. Bunda tipe orangtua yang menghargai keteraturan, ketertiban, dan tanggung jawab dalam rumah tangga. 

Semua aturan di rumah yang Bunda buat wajib diikuti anak-anak. Tidak hanya setiap anak telah memiliki tugas rumah sendiri tapi juga ada batas waktu dan hari tertentu untuk melakukan hal lain yang telah ditentukan.

Hal tersebut akan mempengaruhi tampilan dekorasi rumah minimalis Bunda. Gaya asuh yang otoriter cenderung memiliki dekorasi rumah simple, clean, dan teratur. Bunda lebih suka fokus pada sedikit warna dan tampak sedikit kaku.

Semua tersusun pada tempatnya karena Bunda tidak bisa melihat benda berantakan. Ini dipengaruhi dari sikap Bunda yang sangat tegas terhadap aturan dan anak-anak.

Meski bagus untuk dekorasi rumah yang bersih dan rapi namun masalahnya ketika terlalu perfeksionis maka seringkali melewatkan momen spesial bersama orang-orang tercinta. Bunda lebih fokus pada menjaga penampilan yang bagus dibanding menikmati berada di dalamnya. 

Authoritative (Berwibawa)

Apakah Bunda termasuk tipe orangtua yang berwibawa? Orangtua dengan tipe berwibawa berusaha menciptakan keseimbangan yang sehat dalam semua kehidupan, termasuk kerapian rumah. 

Kemungkinannya Bunda suka membersihkan dan merapikan rumah tapi tidak begitu fokus. Ini menyebabkan ada beberapa area rumah dengan dekorasi yang belum teratur.

Bunda juga tidak suka membuat aturan, daftar tugas, atau hukuman ketat kepada anak-anak, termasuk dalam menata dan membersihkan rumah. Bunda lebih fleksibel serta bersedia berkompromi dengan mereka. 

Bagi Bunda, lebih penting membuka percakapan dengan anak-anak terkait dekorasi rumah yang diinginkan dibanding menentukannya sendiri. Anak-anak diminta terbuka bagaimana cara mereka bisa bertanggung jawab atas penataan rumah sendiri dan menentukan batas waktu pengerjaannya.

Bunda juga bersedia menunda waktu dan deadline agar daftar tugas rumah menjadi adil serta sehat. Meski demikian, Bunda bukan tipe yang suka menuruti segala kemauan anak. 

Bunda tetap tegas tapi bisa berkompromi sehingga dekorasi rumahnya cenderung rapi walaupun ada beberapa area yang masih belum terkendali. Bunda suka menghias rumah dengan berbagai aksesori sesuai selera semua anggota keluarga.

Bagi Bunda, semua harus seimbang dan sesuai porsinya. Meski menjaga rumah minimalis Bunda tetap rapi, namun Bunda tidak terlalu mementingkan penampilan tapi lebih memikirkan nilai-nilai yang bisa ditanamkan untuk penghuninya, termasuk anak-anak.

Simak juga rahasia rumah wangi sepanjang hari dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



GAYA PARENTING YANG PENGARUHI DEKORASI RUMAH: PERMISIF HINGGA UNINVOLVED
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!