sign up SIGN UP search


moms-life

6 Tips Merawat Kulit di Usia 40-an agar Tetap Terlihat Awet Muda

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Rabu, 25 Aug 2021 11:06 WIB
kulit keriput caption
Jakarta -

Banyak para Bunda khawatir dengan penuaan dini yang mulai terjadi ketika memasuki usia 40 tahun. Itulah mengapa penting bagi Bunda untuk mulai merawat kulit dengan tepat di usia ini.

Faktanya, di usia 40-an, produksi elastin dan kolagen mulai menurun. Padahal, keduanya penting untuk menjaga elastisitas kulit agar tak keriput.

"Oleh karena itu, kita perlu meningkatkan produksi kolagen dan elastin dengan peptida dan antioksidan yang dapat meningkatkan produksi kolagen, yang membuat kulit kita kenyal," kata dokter kulit, Dr. Marnie Nussbaum, dilansir The List.


Nussbaum menjelaska bahwa pergantian sel kulit juga akan berkurang secara dramatis di usia 40 tahun. Hal ini bisa menyebabkan kulit menjadi kusam, kering, dan timbul kerutan atau keriput di area wajah.

Sri Mulyani dengan CucuSri Mulyani dengan Cucu/ Foto: Mia Kurnia Sari

Tak hanya itu saja. Karena lapisan ekstra sel kulit mati, kulit bisa kurang terhidrasi dan kehilangan kelembapan. Di waktu inilah, Bunda harus bisa memilih produk skincare atau perawatan kulit yang tepat guna mencegah penuaan dini. Selain itu, kebiasaan merawat kulit harus dilakukan secara konsisten bahkan sebelum memasuki usia 40-an.

"Mungkin sudah saatnya beralih ke produk skincare bebas minyak atau produk lain yang bisa menghidrasi dan mengencangkan kulit, tapi perlu menyesuaikan dengan jenis kulit," ujar Nussbaum.

Antioksidan juga dibutuhkan untuk mencegah stres oksidatif pada sel-sel kulit lho. Pada akhirnya, kandungan antioksidan ini mampu memproduksi kolagen serta elastin yang menurun di usia 40-an.Bunda mungkin harus memilah produk perawatan kulit yang penting dan menunjang rutinitas sehari-hari. Nussbaum menyarankan produk itu setidaknya mengandung antioksidan yang bisa melawan radikal bebas dan membuat kulit lebih sehat.

Meski penuaan adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari, namun paling tidak kita bisa mempertahankan kesehatan kulit agar tetap sehat dan terlihat awet muda. Berbagai cara pun bisa dilakukan untuk memperlambat dan meminimalkan tanda-tanda penuaan yang mulai muncul dan terlihat, Bunda.

Lalu bagaimana cara merawat kulit di usia 40-an agar tetap sehat dan terlihat awet muda ya?

TERUSKAN MEMBACA DI SINI.

Simak juga 7 fakta bule Austria yang menikah dengan petugas PPSU Jakarta, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/fia)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!