sign up SIGN UP search


moms-life

Bukan Recehan Biasa, 5 Uang Koin Jadul Kini Dijual Rp100 Juta Lho Bun

Tim HaiBunda Senin, 13 Sep 2021 05:20 WIB
Usai antre untuk menukarkan uang, sejumlah warga memamerkan uang rupiah baru. ilustrasi uang logam/Foto:Rengga Sancaya.
Jakarta -

Uang logam atau koin sering disepelekan, bahkan dianggap recehan yang penuhi dompet semata. Akan tetapi, Bunda jangan salah, kini ada koin jadul yang justru dicari-cari kolektor. Uang koin kini bisa dijadikan sebagai peluang untuk mendapat uang, lho.

Kok bisa? Mungkin selama ini, beberapa orang, termasuk Bunda menyimpan uang koin jadul sebagai kenang-kenangan. Namun, ada juga yang menjadikannya sebagai barang investasi bernilai tinggi.

Kemudian, meski uang logam yang telah ditarik dari peredaran sudah tidak memiliki nilai jual lagi, namun bukan berarti koin tersebut sia-sia dan menjadi barang rongsokan.


Uang koin jadul diyakini menyimpan nilai yang tinggi. Di tangan para kolektor, uang logam merupakan sebuah benda antik yang sangat berharga. Semakin langka uang koin, semakin besar pula nilai jualnya sebagai barang antik.

Ya, mengutip laman resmi Bank Indonesia, jika ditilik dari sejarahnya, uang koin memang memiliki nilai yang tinggi lantaran uang koin merupakan uang pertama di Indonesia yang sudah eksis sejak zaman kerajaan Hindu-Buddha.

Banner Rumah TKW Blitar


Nah, untuk itu tak ada salahnya untuk menyimpan uang koin nih. Sekadar untuk kenang-kenangan hingga barang investasi, uang koin sangat layak untuk dikoleksi.Nilai dari uang koin jadul biasanya mengacu dari usia uang tersebut.

Ada beberapa uang yang sudah sangat lama ditarik dari pasaran oleh Bank Indonesia sehingga sangat langka. Ada pula yang menilai uang koin sesuai dengan kondisinya. Uang koin dengan logam yang sudah mengelupas dengan yang masih bagus tentu memiliki nilai berbeda.

Di beberapa marketplace, banyak ditemukan uang logam dari berbagai macam pecahan yang dijual dengan harga selangit. Berikut ini 5 uang koin jadul yang saat ini mencapai ratusan juta:

1. Uang pecahan Rp1.000

Bunda masih ingat dengan uang koin jadul Rp1.000 yang punya pinggiran warna silver dengan perunggu di tengahnya? Kalau Bunda masih ingat, uang koin ini terbilang istimewa.

Uang koin ini dikeluarkan pada tahun 1993 dan memiliki gambar kelapa sawit. Bentuknya yang besar dan terbuat dari dua bahan logam berbeda membuat uang ini sangat ikonik.

uang koinuang koin/ Foto: Istimewa

Uang koin jadul Rp1.000 bergambar kelapa sawit punya dua warna logam yang berbeda. Pinggirannya terlihat berwarna silver, sedangkan lingkaran di bagian tengah memiliki warna seperti tembaga atau perunggu.

Uang koin kelapa sawit sudah ditarik peredarannya dari Bank Indonesia. Akan tetapi, uang ini banyak dijual di marketplace dengan nominal fantastis.

Beberapa seller menjual uang koin kelapa sawit dengan harga kisaran Rp45 juta - Rp100 juta, Bunda. Tertarik mengoleksinya untuk investasi?

Selain uang koin pecahan Rp1.000, ada juga 4 uang logam lainnya di halaman berikut ini.

Simak juga video soal koin jadul bernilai ratusan juta:

[Gambas:Video Haibunda]



UANG LOGAM PECAHAN KECIL BERNILAI RATUSAN JUTA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!