sign up SIGN UP search


moms-life

5 Uang Koin yang Kini Bernilai Fantastis, Bunda Tertarik Mengoleksi?

Tim HaiBunda Sabtu, 11 Sep 2021 07:10 WIB
Seseorang memegang koin. caption
Jakarta -

Pemilik uang koin tak perlu berkecil hati. Meski sudah tidak berlaku di pasaran, uang logam menyimpan nilai tinggi jika sudah 'tiba' saatnya.

Uang koin yang terbuat dari logam seakan terlihat seperti barang rongsokan. Tapi jangan salah, uang koin diyakini menyimpan nilai yang tinggi seiring dengan pertambahan usia.

Semakin jadul uang koin, semakin mahal pula nilainya karena sudah langka. Jangan terkecoh dengan penampilannya yang kuno, Bunda.


Hal ini membuat kolektor uang jadul semakin menjamur. Di tangan orang yang tepat, uang koin jadul dapat ditukarkan dengan nilai fantastis. Jika dijual, uang tersebut dapat melampaui nilai aslinya.

Banner Rumah TKW Blitar

Nilai dari uang koin jadul biasanya mengacu dari usia uang tersebut. Ada beberapa uang yang sudah sangat lama ditarik dari pasaran oleh Bank Indonesia sehingga sangat langka. Ada pula yang menilai uang koin sesuai dengan kondisinya. Uang koin dengan logam yang sudah mengelupas dengan yang masih bagus tentu memiliki nilai berbeda.

Investasi ini cukup unik karena melibatkan sebuah benda yang dinilai antik. Namun tak ada salahnya untuk menyimpan uang koin nih. Sekadar untuk kenang-kenangan hingga barang investasi, uang koin sangat layak untuk dikoleksi.

Di beberapa marketplace, uang koin jadul dijual dengan nilai selangit lho. Berikut ini 5 uang koin jadul yang saat ini mencapai ratusan juta:

1. Uang pecahan Rp1000

Bunda masih ingat dengan uang koin Rp1000 yang punya pinggiran warna silver dengan perunggu di tengahnya?

Uang koin ini dikeluarkan pada tahun 1993 dan memiliki gambar kelapa sawit. Bentuknya yang besar dan terbuat dari dua bahan logam berbeda membuat uang ini sangat ikonik.

Uang koin jadul Rp1000 bergambar kelapa sawit punya dua warna logam yang berbeda. Pinggirannya terlihat berwarna silver, sedangkan lingkaran di bagian tengah memiliki warna seperti tembaga atau perunggu.

Uang koin kelapa sawit sudah ditarik peredarannya dari Bank Indonesia. Akan tetapi, uang ini banyak dijual di marketplace dengan nominal fantastis.

Beberapa seller menjual uang koin kelapa sawit dengan harga kisaran Rp45 juta - Rp100 juta, Bunda. Tertarik mengoleksinya untuk investasi?

Selain uang koin pecahan Rp1000, ada juga 4 uang logam lainnya di halaman berikut ini.

Jangan lupa saksikan video 5 tips hasilkan uang dari hobi merawat tanaman hias.

[Gambas:Video Haibunda]

PECAHAN KECIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!