sign up SIGN UP search


moms-life

4 Tanda WhatsApp Disadap Orang Lain, Waspada Bun!

Asri Ediyati Senin, 13 Sep 2021 11:11 WIB
Young Asian woman using smart phone in bedroom happy and smile. Ilustrasi wanita menggunakan WhatsApp/ Foto: Getty Images/iStockphoto/staticnak1983
Jakarta -

Pertumbuhan WhatsApp sejak dirilis pada 2009 lalu, begitu pesat, Bunda. Sebagai pengguna teknologi, Bunda pastinya juga merasakan bahwa sekarang banyak orang yang menggunakan WA untuk komunikasi jarak jauh.

Dilansir Today in 24, per Januari 2021 sudah lebih dari 2 miliar orang terdaftar di WhatsApp. Dengan angka pengguna yang sedemikian banyak, platform asal AS itu menjadi target empuk bagi para penjahat siber, Bunda.

Ya, peretas berpikir media sosial seperti WhatsApp adalah hal terbaik yang pernah ada. Tidak hanya menarik peretas lama, tetapi juga menciptakan yang baru. Sehingga, ada banyak macam tindak kejahatan yang dilakukan peretas untuk merugikan pengguna.


Contoh kasus di WhatsApp yaitu pada Oktober 2019, Bunda tahu gambar GIF? Dari gambar GIF itu ternyata peretas bisa mengambil alih dan mencuri data WA, Bunda, lho.

Banner Rumah TKW Blitar

Mengutip Make Use Of, peneliti keamanan Awakened mengungkapkan kerentanan di WhatsApp yang memungkinkan peretas mengendalikan aplikasi menggunakan gambar GIF. Peretasan ini bekerja dengan memanfaatkan cara WhatsApp memproses gambar ketika pengguna membuka tampilan Galeri untuk mengirim file media, Bunda.

Ketika ini terjadi, aplikasi mem-parsing GIF untuk menampilkan pratinjau file. File GIF istimewa karena memiliki banyak bingkai yang disandikan. Ini berarti bahwa kode dapat disembunyikan di dalam gambar.

Jika peretas mengirim GIF berbahaya ke pengguna, mereka dapat membahayakan seluruh riwayat obrolan pengguna (chat history). Peretas akan dapat melihat siapa pengguna yang telah mengirim pesan dan apa yang mereka katakan. Mereka juga dapat melihat file, foto, dan video pengguna yang dikirim melalui WhatsApp.

Semoga itu tidak terjadi pada Bunda ya. Namun, Bunda tetap perlu waspada apakah WA Bunda telah diam-diam disadap atau tidak oleh seseorang yang tak dikenal. Bagaimana cara mengetahuinya? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda punya Instagram? Berikut akun IG yang bisa memotivasi Bunda untuk berolahraga, cek di video ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!