sign up SIGN UP search


moms-life

Jangan Diabaikan! Ini 7 Tanda Produk Skincare Tak Cocok di Kulit Bunda

Mutiara Putri Minggu, 26 Sep 2021 06:20 WIB
Beauty concept of asian woman. caption
Jakarta -

Kulit merupakan bagian terluar tubuh, Bunda. Karena itu, kulit perlu dijaga kesehatannya dengan cara pemakaian skincare yang rutin. Meski begitu, nyatanya Bunda tak bisa memilih produk skincare secara asal-asalan, nih.

Saat pertama membeli produk skincare, perasaan Bunda pasti sangat senang. Bunda langsung membayangkan betapa sehatnya kulit Bunda setelah menggunakan produk tersebut.

Sayangnya, penggunaan produk skincare tak bisa sembarangan, Bunda. Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda sehingga tingkat kecocokan pada suatu produk juga berbeda-beda.


Menggunakan produk skincare yang tak sesuai dengan jenis kulit tentu akan menimbulkan masalah baru. Karena itu, Bunda perlu perhatikan perubahan pada kulit setelah pengaplikasian produk.

5 kebiasaan aneh orang Indonesia

Tanda produk skincare tak cocok di kulit

Ada beberapa hal yang menandakan kalau kulit Bunda tak cocok dengan produk skincare yang sedang dipakai, nih. Melansir dari laman New Beauty, berikut ini deretannya.

1. Kulit kering dan terkelupas

Seorang ahli kecantikan, Carolyn Holdsworth, mengatakan bahwa menggunakan produk skincare yang salah bisa memperburuk kondisi kulit, Bunda. Salah satu tandanya adalah kulit menjadi kering.

Sementara itu, seorang pendiri klinik kecantikan, Rachel Liverman, mengungkap bahwa tipe kulit kering akan semakin kering saat bertemu dengan produk yang keras.

"Ini (kulit kering) bisa disebabkan oleh terlalu banyak menggunakan produk keras, seperti pembersih berbusa apa pun sehingga produk yang Anda oleskan di atasnya akan menyebabkan rasa perih," tutur Liverman.

2. Mengalami ruam

Ruam bisa disebabkan oleh berbagai faktor, Bunda. Namun, faktor terbesar yakni karena adanya reaksi alergi karena penggunaan produk skincare tertentu.

Formula produk skincare yang digunakan bisa saja mengandung bahan tidak aktif yang menyebabkan alergi. Biasa bahan-bahan inilah yang menyebabkan ruam pada kulit.

"Ruam dapat disebabkan oleh pengawet, wewangian atau akrilat yang ditemukan di dalam produk kosmetik atau skincare," kata Beverly Hills, CA, dokter kulit Tsippora Shainhouse, MD.

3. Timbul jerawat

Meskipun banyak hal yang bisa menimbulkan jerawat, salah menggunakan produk skincare juga bisa jadi salah satu faktor penyebab utama, Bunda. Benjolan-benjolan kecil berwarna merah mungkin menjadi tanda kalau kulit Bunda bereaksi terhadap sesuatu yang negatif.

Untuk menentukan apakah produk yang Bunda gunakan benar-benar menjadi sumber utama dari jerawat yang timbul, Bunda bisa berikan sedikit waktu bagi kulit untuk menyesuaikan diri. Kemudian, perhatikan perubahan yang terjadi.

"Cobalah untuk membiarkan dua atau tiga minggu agar kulit Anda menyesuaikan diri dengan rutinitas baru, karena jerawat terjadi ketika Anda memasukkan produk baru," tutur seorang ahli kecantikan bernama Heather Wilson.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, lihat juga video manfaat vitamin C pada skincare berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



REAKSI TERUS MENERUS HINGGA KULIT TERASA KENCANG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!