sign up SIGN UP search


moms-life

7 Cara Atasi Razor Burn, Iritasi di Area Vagina Usai Mencukur Rambut Kemaluan

Kinan Rabu, 13 Oct 2021 22:06 WIB
Young unsure nervous asian girl with pink shaver is standing isolated on a grey background, wrapped in a white towel, doubting if she should use it caption

Kulit di sekitar vagina merupakan area yang sangat sensitif, sehingga aktivitas seperti mencukur pun kadang-kadang bisa memicu iritasi. Kondisi ini dikenal juga dengan sebutan razor burn.

Razor burn merupakan luka iritasi akibat kesalahan saat mencukur, di bagian tubuh mana pun (tidak hanya di area kelamin). Ciri khas dari razor burn biasanya berupa perih dan ruam merah setelah bercukur.

Dikutip dari Healthline, razor burn juga dapat menyebabkan keluhan lain seperti sensasi terbakar atau panas, rasa gatal, dan benjolan kecil kemerahan.


Meski kondisi ini biasanya bersifat sementara dan akan hilang seiring waktu, namun bagi sebagian orang tetap dapat terasa mengganggu.

Apa penyebab razor burn?

Bunda dapat mengalami iritasi akibat bercukur karena berbagai alasan berbeda. Salah satunya karena bercukur tanpa menggunakan pelumas, seperti sabun dan air atau krim cukur khusus.

Penggunaan pisau cukur yang sudah tidak tajam juga bisa menjadi pemicu razor burn. Termasuk pula jika Bunda mencukur terlalu terburu-buru atau malah terlalu sering.

Razor burn di area vagina bisa membuat seks tidak nyaman lho, Bunda.

Baim Wong Adzankan Anak Kedua

Tips mengatasi razor burn setelah bercukur

Nah, bagaimana cara tepat mengatasi razor burn agar iritasinya tidak semakin parah? Berikut tips yang dapat Bunda lakukan:

1. Lidah buaya

Dilansir Medical News Today, lidah buaya atau aloe vera sering digunakan untuk menenangkan dan menyembuhkan iritasi pada kulit. Untuk mengobati iritasi akibat pisau cukur, Bunda dapat mengoleskan lapisan tipis gel lidah buaya murni ke area kulit yang terkena.

2. Minyak kelapa

Coconut oil atau minyak kelapa juga dikenal sangat baik bagi kesehatan kulit. Menurut sebuah studi, minyak kelapa bahkan bisa menjadi terapi yang aman dan efektif untuk menyembuhkan iritasi akibat luka bakar.

Para peneliti percaya minyak kelapa memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik. Untuk mengobati iritasi akibat bercukur, oleskan selapis tipis minyak kelapa organik ke area kulit yang meradang.

3. Tea tree oil

Menurut sebuah penelitian, tea tree oil memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang dapat menyembuhkan luka ringan. Kandungan alaminya juga dapat membantu menenangkan luka bakar di area vagina.

Tapi ingat ya Bunda, tea tree oil penggunaannya harus dicampur dengan carrier oil seperti minyak almond atau minyak kelapa. Gunakan 1 hingga 3 tetes tea tree oil per sendok teh carrier oil. 

MANDI AIR HANGAT HINGGA GUNAKAN KRIM CALENDULA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!