sign up SIGN UP search


moms-life

8 Bahan Dapur yang Ampuh Bersihkan Panci Gosong Jadi Mengkilap Lagi Bun

Annisa Afani Selasa, 12 Oct 2021 07:21 WIB
Bersihkan panci Bersihkan panci /Foto: Getty Images/iStockphoto/IgorGeiger
Jakarta -

Tak hanya memasak, membersihkan peralatan dapur juga membutuhkan waktu yang lama. Apalagi jika peralatan dapur sampai gosong, maka waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses membersihkan ini akan berkali-kali lipat lebih lama.

Panci yang memiliki kerak gosong memang amat mengganggu. Karena bekas yang menempel ini bisa membuat mood masak jadi berubah ya, Bunda?

Saat panci terbakar hingga gosong, keinginan Bunda untuk memasak pasti sudah hilang. Yang Bunda pikirkan hanyalah bagaimana caranya untuk mengembalikan kondisi panci seperti semula.


Nah, sebelum mencoba membersihkan panci yang terbakar, Bunda tidak disarankan menggunakan sabut kawat. Karena alat ini justru hanya akan merusak lapisan panci.

Meski begitu, membuang panci gosong juga bukan solusi yang tepat. Karena sebetulnya, Bunda bisa lho mengubahnya kembali mengkilap hanya dengan memanfaatkan beberapa bahan yang tersedia di dapur.

Baim Wong Adzankan Anak KeduaBaim Wong Adzankan Anak Kedua/ Foto: Mia Kurnia Sari

Ada beberapa bahan dapur yang terbukti ampuh hilangkan gosong pada panci nih, Bunda. Kalau Bunda penasaran, berikut ini bahan-bahannya dilansir laman The Spruce.

1. Soda kue

Soda kue memang telah dikenal ampuh dan menjadi favorit para Bunda untuk membersihkan panci yang gosong. Caranya juga cukup mudah lho, Bunda.

Larutkan soda kue dan air di dalam panci kemudian didihkan sebentar. Jika perlu, biarkan campuran tersebut meresap hingga semalaman. Setelahnya, cuci panci seperti biasa.

2. Minuman bersoda

Bunda pencinta minuman soda? Kalau masih punya stok, lebih baik digunakan untuk membersihkan panci yang terlanjur gosong nih, Bunda.

Perlu Bunda tahu, minuman bersoda seperti cola, memiliki sifat asam dan sangat baik untuk melonggarkan kotoran yang terbakar seperti karamel. Bunda hanya perlu menuang sedikit cola ke dalam panci, didihkan, lalu kikis kotorannya.

3. Sabun cuci piring

Kata siapa sabun cuci piring hanya bisa digunakan untuk hilangkan lemak membandel? Sabun cuci piring juga bisa digunakan untuk bersihkan panci yang gosong, nih.

Caranya juga sederhana, Bunda. Tuangkan sedikit air dan sabun cuci piring ke panci, kemudian didihkan. Biarkan sebentar hingga dingin. Kalau sisa makanan yang gosong tidak mudah hilang ketika digosok, cobalah merendamnya semalaman.

4. Jeruk nipis dan garam

Kekuatan jeruk nipis dan garam enggak perlu diragukan lagi, Bunda. Kedua bahan ini memang bisa mengatasi berbagai masalah yang ada di dapur, lho.

Caranya dengan mencampurkan kedua bahan tersebut dan biarkan selama beberapa menit. Kemudian taburi garam lagi dan gosok.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, simak juga 5 tips menghilangkan bau amis pada talenan dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

SODA KUE DAN LEMON
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!