sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Bersihkan Panci Gosong & Wajan Berkerak Hanya Dalam 5 Menit

Arina Kamis, 28 May 2020 16:13 WIB
Ilustrasi panci gosong caption
Jakarta -

Tanpa bisa kita hindari, kadang-kadang masakan tertentu membuat panci jadi gosong. Tak hanya itu, wajan juga berkerak hitam karena sering digunakan dalam waktu lama, atau sisa makanan yang membandel jadi noda yang susah hilang.

Bagaimana cara Bunda membersihkan panci yang gosong dan wajan berkerak hitam? Apa dengan terus menggosoknya dengan keras? Jangan selalu seperti itu, Bunda. Menggosok panci dan wajan terlalu keras hanya membuat Bunda kelelahan, serta menggores permukaan kedua alat masak tersebut.

Ada cara termudah untuk membersihkan panci gosong dan wajan berkerak tanpa harus berusaha keras menggosoknya. Dilansir dari Daily Mail, berikut cara terbaik membersihkan panci gosong dan wajan berkerak:


Bahan-bahan yang diperlukan:

1 cangkir cuka putih
2 sendok makan baking soda
1 gelas air (tergantung ukuran panci atau wajan)
1 spons penggosok

Woman trying to clean burnt pan with chemical cleaners.Cara bersihkan panci gosong cuma 5 menit/ Foto: iStock

Cara membersihkan panci gosong dan wajan berkerak:

1. Para ahli dari Apartment Therapy meminta Bunda meletakkan panci gosong atau wajan berkerak di atas kompor. Isi dengan sedikit air.

2. Tambahkan cuka.

3. Didihkan air cuka tersebut.

4. Angkat panci atau wajan kemudian tambahkan baking soda.

5. Lihat bagian gosong pada panci atau kerak di wajan yang akan mengelupas dengan sendirinya.

6. Jika masih ada noda yang membandel, coba buang air cuka lalu buat pasta dari baking soda. Caranya dengan memberikan baking soda beberapa tetes air. Masukkan ke dalam panci gosong atau wajan berkerak.

7. Bunda bisa sedikit menggosoknya untuk memastikan kerak benar-benar hilang.

Penting membersihkan alat masak yang gosong agar tidak memicu kanker, Bunda. Hal tersebut pernah dijelaskan dr. Alberta Claudia bahwa residu dari kerak hitam pada panci atau wajan bisa mengancam ginjal.

Ia pun menyarankan cara yang sama, yaitu membersihkan alat masak hanya dengan cuka. Serta memanfaatkan spon cuci piring yang berwarna hijau.

"Pertama, tuangkan cuka ke atas noda gosong di wajan, lalu gosok dengan spons cuci piring yang bagian hijaunya untuk menghilangkan keraknya. Untuk hidup sehat nggak gampang tapi, daripada kena ke ginjal dan saraf ya kan," ungkap dr Alberta Claudia, di acara dr Oz Indonesia.

Cara membersihkan panci gosong dan wajan berkerak ini tak perlu makan waktu lama. Hanya kurang lebih lima menit bisa mengatasi masalah panci gosong dan wajan berkerak.

Tertarik mencobanya di rumah?

Simak penjelasan dokter tentang bahayanya memasak menggunakan panci gosong dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi