sign up SIGN UP search


moms-life

5 Manfaat Air Mawar untuk Wajah, Redakan Kemerahan hingga Anti-penuaan

Nisa Hayyu Rahmia   |   Haibunda Rabu, 03 Nov 2021 06:20 WIB
Rose extract facial serum in refillable bottles on wooden podium with rose flower, minimal composition caption

Air mawar atau rose water memang menjadi salah satu primadona skincare yang telah eksis sejak ribuan tahun lalu. Melansir dari situs HealthLine, air mawar bahkan digunakan saat Abad Pertengahan dan diperkirakan berasal dari tempat yang sekarang disebut Iran.

Skincare tradisional ini tak kalah dengan berbagai produk masa kini lho, Bunda. Meski tak banyak yang tahu, air mawar memiliki banyak manfaat, apalagi untuk kulit wajah.

Tanpa harus membeli, Bunda juga bisa membuat air mawar alami di rumah. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan dengan menyuling kelopak bunga mawar dengan uap.


Air mawar alami tanpa bahan kimia digadang dapat digunakan setiap hari dan cocok untuk semua jenis kulit. Namun, jika belum pernah menggunakannya, Bunda disarankan untuk melakukan uji tempel terlebih dahulu untuk menghindari alergi.

Bunda dapat menggunakan air mawar dengan menjadikannya sebagai pengganti toner atau dipakai setelah sheet mask. 

Banner Pasutri PekalonganBanner Pasutri Pekalongan/ Foto: HaiBunda/Mia

Nah, jika Bunda tertarik untuk memasukkan air mawar sebagai salah satu rangkaian skincare, simak dulu manfaat dari air mawar yang jarang orang ketahui dilansir dari beberapa sumber berikut.

1. Menenangkan iritasi kulit

Salah satu manfaat terbesar dari air mawar yang perlu Bunda ketahui adalah sifat anti-inflamasi yang kuat. Air mawar bahkan dapat menenangkan iritasi dari eksim atau rosacea.

Air mawar membantu mengontrol produksi sebum berlebih juga berfungsi ganda sebagai penjernih untuk memperbaiki tampilan pori-pori.

2. Mengurangi kemerahan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, air mawar telah digunakan sebagai produk kecantikan selama ribuan tahun. Sehingga tidak mengherankan jika air mawar juga dapat memperbaiki warna kulit wajah dan mengurangi kemerahan.

Sifat antibakterinya dapat membantu mengurangi jerawat, Bunda. Sedangkan sifat anti-inflamasinya dapat mengurangi kemerahan dan bengkak pada kulit.

Oleh karena itulah, air mawar dipercaya dapat melawan peradangan di kulit, membantu mengurangi kemerahan serta noda.

Masih ada beberapa manfaat air mawar untuk wajah lainnya yang wajib Bunda ketahui. Klik baca halaman selanjutnya, yuk!

Basic skincare ini paling penting untuk membuat kulit sehat dan selalu terawat. Cek video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



MANFAAT AIR MAWAR UNTUK WAJAH: MENYEIMBANGKAN PH DAN ANTI PENUAAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!