sign up SIGN UP search


moms-life

6 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Sehat Berkilau Tanpa Obat

Bella Barliana   |   Haibunda Selasa, 11 Jan 2022 19:41 WIB
Smiling young woman wearing white bathrobe wiping her hair with towel after a shower in bedroom caption
Jakarta -

Memiliki rambut yang pendek akan terlihat lebih muda bagi sebagian orang. Namun, tak sedikit juga Bunda yang lebih percaya diri jika tampil dengan rambut panjang.

Untuk mendapatkan rambut panjang bukanlah hal yang mudah. Bunda mungkin bertanya-tanya cara yang efektif untuk memanjangkan rambut dengan cepat.

Sebelum mengetahui cara memanjangkan rambut dengan cepat, ada baiknya jika kita memahami sedikit tentang rambut Bunda terlebih dahulu. Dilansir laman Healthline, American Academy of Dermatology mengatakan rata-rata rambut akan tumbuh sekitar 1/2 inci per bulan.


Untuk memanjangkan rambut, biasanya seseorang akan mengonsumsi berbagai pil yang berguna untuk memberikan rangsangan pertumbuhan rambut. Meskipun demikian, terdapat beberapa hal lain yang memengaruhi cepat atau lambatnya pertumbuhan rambut, seperti usia, jenis rambut, dan kondisi kesehatan.

Tak cukup hanya mengonsumsi vitamin yang bisa mendukung pertumbuhan rambut. Memberikan perawatan alami ternyata juga bisa membuat rambut tumbuh lebih cepat, sehat, dan kuat.

Dilansir dari Byrdie, berikut adalah cara untuk memanjangkan rambut Bunda dengan cepat. Simak di sini, yuk.

1. Lakukan pijat kulit kepala

Banyak orang yang menggunakan berbagai produk perawatan rambut, tetapi lupa untuk melakukan langkah sederhana, yaitu memijat kulit kepala. Penelitian mengatakan, pijat kulit kepala memiliki dampak positif terhadap hormon stres, tekanan darah, dan detak jantung.

Hal ini akan meningkatkan aliran darah ke kulit kepala Bunda, meningkatkan kekuatan akar rambut, dan menutrisi sampai ke folikel rambut lebih cepat.

Banner 7 Meja Makan TerbaikFoto: HaiBunda/Mia

Bunda bisa memijat kulit kepala sendiri dengan keadaan kering, tetapi akan lebih baik jika menambahkan minyak kaya nutrisi, seperti minyak rosemary. Minyak rosemary dapat melebarkan pembuluh darah dan merangsang folikel rambut untuk menghasilkan pertumbuhan baru.

Jika kulit kepala Bunda termasuk tipe berminyak, lakukan cara ini cukup dengan intensitas seminggu sekali.

2. Gunakan masker kuning telur

Rambut yang panjang saja tidak cukup. Bunda harus memastikan rambut tumbuh dengan kuat, sehat, dan berkilau agar menghasilkan penampilan yang sempurna.

Untuk membantu pertumbuhan rambut, Bunda bisa melakukan perawatan alami menggunakan masker kuning telur. Telur mengandung zat yang memperkuat, memelihara, dan menyembuhkan rambut Bunda.

Bahkan, kandungan belerangnya yang tinggi dapat membantu mengatasi ketombe, lho. Bunda cukup mencampurkan 2 butir telur dengan 2 sendok makan minyak zaitun.

Tambahkan 1/2 cangkir air agar tidak terlalu lengket. Oleskan masker langsung ke rambut kering, sisir rambut, dan biarkan selama 30 menit. Kemudian, keramas seperti biasa.

3. Kurangi penggunaan alat pemanas

Cara paling jelas untuk memanjangkan rambut lebih cepat adalah dengan mengurangi rutinitas alat yang menghasilkan panas di rambut Bunda, seperti hair dryer, catokan rambut, dan alat lainnya.

Penggunaan alat panas ini tentu saja dapat merusak rambut Bunda, dengan membuatnya lebih kering dan rapuh, sehingga menyebabkan kerusakan dan menghambat pertumbuhan rambut.

Jika ingin memanjangkan rambut dengan cepat, Bunda disarankan untuk mengeringkan rambut dengan udara dan menghindari alat panas. Kalau pun terpaksa menggunakan alat panas, Bunda perlu menggunakan semprotan pelindung panas khusus rambut.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Simak juga video kesalahan umum saat merawat kecantikan dan kesehatan:

[Gambas:Video Haibunda]



JANGAN LUPA LAKUKAN PEMOTONGAN RAMBUT BUNDA SECARA RUTIN YA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!