sign up SIGN UP search


moms-life

6 Cara Menghilangkan Komedo Putih yang Efektif, Coba Skincare dari Bahan Alami

Bella Barliana Selasa, 23 Nov 2021 06:15 WIB
Young woman applies facial cream Ilustrasi cara menghilang komedi putih yang efektif. Foto: iStock.
Jakarta -

Komedo putih atau yang disebut juga dengan whitehead dapat muncul di bagian tubuh mana pun, tetapi paling sering berada di wajah dan dada. Munculnya komedo putih di wajah dapat membuat kulit terlihat kasar dan kusam, Bunda. Oleh karena itu, Bunda perlu tahu skincare alami untuk menghilangkan komedo putih terutama di bagian wajah, nih.

Sebelum mengetahui cara menyingkirkannya, Bunda perlu memahami sedikit tentang komedo putih. Komedo putih akan berkembang ketika sel-sel kulit mati, sebum, dan kotoran menyumbat pori-pori wajah Bunda.

Dikutip dari Times of India, komedo putih dapat disebabkan oleh berbagai hal, termasuk perubahan hormon, menggunakan produk riasan yang tidak cocok, atau memilki jenis kulit yang berminyak. Terkadang, cuaca panas dapat menyebabkan Bunda berkeringat dan membuat kulit lebih berminyak.


Tak seperti komedo hitam yang mudah dikeluarkan, komedo putih jenisnya tertutup di dalam pori-pori dan membutuhkan perawatan kulit yang sedikit lebih rumit. Namun, Bunda tetap bisa menyingkirkan komedo putih ini dengan berbagai cara, termasuk dengan perawatan rumahan dan menggunakan bahan alami.

Dilansir dari Medical News Today, berikut adalah cara menghilangkan komedo putih dan beberapa di antaranya menggunakan bahan alami, lho. Simak selengkapnya di sini, yuk.

1. Uap wajah

Memberikan uap panas ke wajah akan membuka pori-pori yang tersumbat. Bunda yang memiliki komedo putih dapat mencoba merebus air, memasukkannya ke dalam wadah berupa mangkuk atau baskom, kemudian letakkan wajah di atas mangkuk berisi air panas tersebut.

Banner Manfaat Air Mawar

Bunda juga dapat menggunakan handuk yang dibentuk seperti tenda kecil, untuk memusatkan uap ke tubuh bagian atas. Lakukan cara ini selama 5-10 menit dan setelahnya bilas wajah dengan air hangat, lalu keringkan dengan handuk bersih.

Pastikan jarak wajah dan wadah air panas tidak terlalu dekat serta usahakan agar suhu air tidak terlalu panas ya, Bunda. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya iritasi pada kulit. Lakukan setidaknya seminggu dua kali atau bisa disesuaikan dengan kebutuhan Bunda.

2. Madu

Dilansir dari Times of India, madu adalah bahan yang sangat bagus untuk jenis kulit sensitif Bunda. Tak hanya berguna untuk menghilangkan komedo putih, madu juga bisa membuat kulit lebih halus dan bersinar.

Langkah pertama yang harus Bunda lakukan adalah pastikan wajah dalam keadaan bersih. Kemudian, panaskan satu sendok makan madu dalam microwave selama 15 detik atau sampai sedikit hangat saat disentuh.

Setelah itu, langsung oleskan madu yang sudah dihangatkan dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Bunda bisa lakukan rutinitas ini berulang kali dengan intensitas yang disesuaikan dengan kebutuhan kulit.

3. Witch hazel

Witch hazel mengandung zat atau senyawa yang bisa mengecilkan sel-sel kulit dan pori-pori, sehingga mengurangi terjadinya infeksi. Saat pori-pori mengencang, komedo putih yang terperangkap dapat didorong ke permukaan dan dikeluarkan.

Witch hazel juga dikenal dapat mengurangi peradangan dan menghilangkan minyak berlebih. Witch hazel adalah bahan populer yang digunakan dalam pembersih tubuh, wajah, kosmetik, dan toner.

Witch hazel paling nyaman digunakan dalam bentuk astringen. Cukup basahi kapas dengannya dan oleskan ke kulit yang sudah dibersihkan. Pada beberapa jenis kulit, astringen mungkin bisa menyebabkan iritasi dan kekeringan.

Akan lebih baik, jika produk witch hazel digunakan hanya sekali sehari atau gunakan lebih sering jika diperlukan, seperti dua kali dalam sehari.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Simak juga video 7 tanda kulit tidak cocok dengan produk skincare:

[Gambas:Video Haibunda]

GUNAKAN OATMEAL SEBAGAI BAHAN SCRUB WAJAH NIH, CARANYA MUDAH KOK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!