sign up SIGN UP search


moms-life

4 Cara Membersihkan AC yang Tidak Dingin, Bunda Bisa Lakukan Sendiri

Niken Damayanti   |   Haibunda Senin, 09 May 2022 09:50 WIB
A Young Woman Cleaning Air Conditioning System At Home caption

Air Conditioner atau biasa kita sebut dengan AC merupakan alat rumah tangga yang umum digunakan. Sebagai perangkat elektronik yang digunakan sehari-hari, tentu AC butuh peralatan khusus secara berkala.

Biasanya, AC harus dibersihkan setiap 2-3 bulan sekali. Ini untuk menghilangkan kotoran yang menyumbat dan menjaga udara yang dikeluarkan tetap bersih. Jika tidak, AC mungkin rusak dan alih-alih dingin, malah mengeluarkan udara panas, Bunda.

Jika AC di rumah mulai terasa tidak dingin, langkah pertama yang harus Bunda tempuh adalah segera membersihkannya. Biasanya ada penyedia jasa pembersihan AC yang bisa Bunda panggil kapan saja, tapi kalau ingin dilakukan sendiri, bisa juga.


Melansi dari The Spruce, berikut cara memperbaiki AC yang tidak dingin;

1. Bersihkan filter

Biasanya penyebab utama AC tidak dingin adalah berasal dari filter AC yang kotor, jika tidak dibersihkan, dapat menimbulkan masalah pada setelan suhu yang benar. Debu dan kotoran yang ada pada filter AC menghalangi aliran udara yang dingin. 

Bunda bisa melakukannya sendiri dengan melepas filter dari panel kemudian bersihkan dengan lap basah atau bisa juga dengan penyedot debu. Tetapi untuk memastikan agar filter AC lebih bersih, Bunda bisa menggunakan selang taman lalu menyemprotnya lalu diamkan selama 30 menit hingga 1 jam sampai benar-benar kering.

2. Bersihkan evaporator dan kondensor

Setelah filter AC, bagian evaporator dan kondensor juga penting untuk dibersihkan, Bunda. Jika kotor, evaporator dapat membeku dan kondensor menjadi tersumbat dan menimbulkan masalah pada sistem pendinginan.

Bunda bisa membersihkan dengan vakum, untuk pembersihan yang lebih dalam, mungkin Bunda bisa mencoba dengan menyemprotkan air yang bertekanan tinggi atau atau semprotan pembersih koil AC.

Jangan lupa untuk perbaiki sirip dengan luruskan sirip evaporator atau kondensor yang bengkok dengan pisau atau sisir sirip.

Bunda punya panci gosong yang tak elok dipandang? Jangan langsung dibuang, bersihkan dengan tips berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MEMPERBAIKI AC YANG TIDAK DINGIN SELANJUTNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!