sign up SIGN UP search


moms-life

Air Beras Bisa Jadi Skincare Alami, Simak Segudang Manfaatnya Bun

Annisa Afani Selasa, 23 Nov 2021 17:15 WIB
The hand holds a cup of boiled rice in a wooden cup, against the background of a ripe rice field. Air beras/Foto: iStock
Jakarta -

Kini, popularitas air beras sebagai sebagai salah satu bahan skincare alami semakin tinggi, Bunda. Apalagi, air beras juga disebut-sebut bisa bantu menenangkan dan mengencangkan kulit, serta memperbaiki kondisi kulit.

Hal ini sebetulnya belum terbukti secara ilmiah. Namun dilansir dari Healthline, air beras telah diyakini mengandung senyawa yang memang memiliki manfaat bagi kulit.

Salah satu cara penggunaan air beras sebagai bahan skincare alami yakni sebagai pembersih wajah (facial cleanser) dan toner. Untuk membersihkan wajah dengan air beras, oleskan dan pijat perlahan, lalu bilas jika perlu. Sebagai toner, cukup celupkan bola kapas pada air beras, lalu usap lembut di wajah dan leher.


Manfaat air beras untuk skincare alami

Nah, apa saja sebenarnya manfaat air beras sebagai bahan skincare alami bagi kulit wajah? Berikut rangkumannya:

1. Mencerahkan kulit

Penggunaan air beras sebagai skincare alami memiliki manfaat mencerahkan kulit dan mengurangi bercak-bercak hitam. Jika dilakukan secara berkala, pemakaian air beras juga bisa membuat kulit wajah lebih glowing.

2. Mengurangi kerutan

Sebuah studi tahun 2013 menunjukkan bahwa air beras dapat memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari, serta meningkatkan kolagen dan membantu mencegah kerutan.

Banner Wanita Pontianak Nikahi Bule

3. Melembapkan kulit kering

Air beras juga dapat membantu mengatasi iritasi kulit yang disebabkan oleh sodium laurel sulfate (SLS), bahan yang ditemukan di banyak produk perawatan kulit, termasuk sabun.

Penggunaan air beras dua kali sehari dipercaya membantu menjaga kelembapan pada kulit kering.

4. Mengurangi efek eksim, ruam, dan peradangan

Jika Bunda memiliki masalah kulit eksim, mudah ruam dan peradangan, air beras bisa digunakan untuk mengurangi efeknya. Diklaim penggunaan air beras secara rutin dapat menenangkan kulit yang iritasi.

Masih diperlukan studi ilmiah lebih lanjut terkait manfaat ini. Namun dipercaya kandungan alami dari air beras membantu menguatkan skin barrier, yang berperan penting dalam kekambuhan eksim dan dermatitis atopik.

5. Perlindungan dari kerusakan akibat sinar matahari

Bahan alami lain yang terkandung dalam beras juga terbukti dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Simak ulasan lengkap di halaman selanjutnya.

Bunda, simak juga tujuh tanda kulit tak cocok dengan produk skincare dalam video berikut, yuk:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA MEMBUAT AIR BERAS UNTUK SKINCARE ALAMI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!