sign up SIGN UP search


moms-life

4 Fakta Skincare Jadul Krim Kelly, Benarkah Aman Digunakan?

Annisa Afani Senin, 15 Nov 2021 19:50 WIB
Young woman applies facial cream Ilustrasi skincare/ Foto: iStock
Jakarta -

Bunda tentunya tak asing dengan salah satu krim dengan nama Kelly Pearl. Diketahui, produk kecantikan atau skincare ini sudah eksis sejak tahun 1970 di Indonesia.

Bagi Bunda yang belum tahu, skincare jadul ini diklaim mampu memberikan efek cerah pada kulit wajah. Enggak hanya itu, krim ini juga disebut dapat melembapkan kulit.

Produknya juga sangat mudah ditemui di toko kosmetik pasaran. Tak mahal, krim Kelly Pearl hanya dijual dengan harga kurang dari Rp15 ribu.


Sayangnya, stigma menabeli Kelly mengandung merkuri. Namun, apakah krim ini benar-benar berbahaya bagi kulit? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

1. Hasil tes laboratorium

Melalui kanal YouTube-nya, dokter spesialis kecantikan dr. Richard Lee, MARS PhD, Dipl. AAAM akui bahwa ia telah melakukan pengecekan kandungan krim Kelly hingga dua kali tes di laboratorium. Hasilnya? Ternyata, tidak ditemukan kandungan hidrokuinon dan merkuri.

2. Ciri-ciri kemasan Kelly yang asli

Bunda harus tahu dahulu seperti apa wujud kemasan Kelly Pearl Cream yang asli. Kelly asli memiliki kemasan klasik berupa jar warna merah menyala dan dus luarnya bergambar perempuan bule.

Lalu pada sisi bawah jar tidak ada stiker keterangan produk, melainkan langsung tercantum nomor BPOM, nomor batch, tanggal kedaluwarsa, berat bersih pada jar, serta bisa mengecek kevalidan nomor BPOM melalui situs resmi BPOM.

3. Manfaat krim Kelly bisa sebagai foundation?

Kelly Pearl Cream bertekstur creamy tapi agak padat berwarna kuning. Tenang saja, krimnya bisa dengan mudah diratakan dan lama-lama warnanya akan lebih menyatu dengan warna asli kulit. Selain itu, warna kuning ini juga mampu berikan efek tone up yang mencerahkan tampilan wajah.

Klaimnya, krim wajah Kelly mampu melembapkan dan menghaluskan kulit serta melindungi dari paparan sinar matahari. Kelly juga bisa digunakan sebagai foundation, Bunda, Bisa dibilang, hasilnya serupa BB cream yang ringan dengan kandungan skincare, sehingga wajah akan tampak lebih cerah merata dan noda hitam tersamarkan.

4. Kandungan Kelly

Faktanya, efek putih pada Kelly disebabkan oleh adanya kandungan titanium dioxide. Jadi itu bukan karena isu merkuri atau hidrokuinon. Titanium dioxide, yang biasanya dipakai pada produk sunblock, dapat membuat kulit tampak lebih putih secara instan.

Kemudian, ada petroleum jelly dan beeswax sebagai pelembap oklusif untuk menahan molekul air yang membuat lapisan pelindung pada kulit. Itulah yang membuat konsistensi Kelly terasa agak berat dan lengket. Namun, pada jenis kulit berminyak pelembap jenis ini berpotensi menyumbat pori-pori.

Terakhir, kandungan tocopheryl acetate (vitamin E) dan squalene punya manfaat bagi kelembapan kulit dan bekerja sebagai antioksidan.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI. 

Bunda, simak juga tujuh tanda kulit tak cocok dengan produk skincare dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!