sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Dekorasi Ruang Tamu Tanpa Sofa, Rumah Tetap Nyaman dan Terlihat Lega

Bella Barliana   |   Haibunda Selasa, 11 Jan 2022 03:00 WIB
Stylish boho interior of living room with design chaise longue,  and elegant personal accessories. Modern home decor. Template. Wabi sabi conepts. Ilustrasi dekorasi ruang tamu tanpa sofa. Foto: Getty Images/iStockphoto/FollowTheFlow
Jakarta -

Sofa menjadi salah satu furnitur penting yang biasanya terdapat di dalam rumah, termasuk ruang tamu. Namun, tak ada aturan desain baku yang mengatakan harus menggunakan sofa di ruang tamu.

Sekarang, Bunda juga bisa kok mendekorasi ruang tamu tanpa sofa dan tetap memberikan kenyamanan. Biasanya, menggunakan sofa pada ruang tamu akan lebih menghabiskan banyak tempat dan biaya.


Untuk mengatasi solusi ini, ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan, mulai dari menggantinya menjadi matras, tumpukan bantal, bean bag, hingga tempat tidur yang ramping.

Sebagai informasi, konsep ruang tamu tanpa sofa sebenarnya sudah diterapkan sejak zaman dahulu, terutama pada kebudayaan Jepang. Budaya Jepang memiliki keyakinan tersendiri di mana mereka akan memilih furnitur yang rendah.

Meskipun demikian, konsep serupa juga sudah banyak diterapkan oleh penjuru dunia. Di Indonesia, orang biasa menyebutnya dengan lesehan, Bunda.

Jika tertarik untuk mencoba konsep ruang tamu ini, berikut adalah tips dekorasi ruang tamu tanpa menggunakan sofa yang dilansir dari Her Zindagi. Simak selengkapnya di sini, yuk.

1. Gunakan matras

Jika Bunda tidak memiliki ruang tamu dengan ukuran besar, Bunda bisa menambahkan kasur ramping atau matras di sepanjang dinding ruang tamu. Dilansir laman The Spruce, terdapat beberapa jenis matras yang bisa Bunda pilih, lho.

Misalnya, matras yang bisa dilipat, matras tidur busa dengan kepadatan tinggi, dan matras katun DIY. Demi mendapatkan kenyamanan terbaik dari matras busa, Bunda bisa memilih matras dengan ketebalan minimal 7 sentimeter, panjang 190 sentimeter, dan lebar 76 sentimeter.

Banner 7 Meja Makan TerbaikFoto: HaiBunda/Mia

Sementara itu, untuk matras katun DIY Bunda bisa memilih jenis kain apa pun yang diinginkan dan disarankan untuk menggunakan kapas organik 100 persen yang telah dicuci sebelumnya.

Mengisi matras dengan kapas organik secara alami akan mengurangi adanya tungau debu. Untuk mempercantik tampilan ruang tamu, tempatkan lampu dan beberapa tanaman di samping matras.

Dalam hal warna, pilih warna berani yang akan mencerahkan ruang tamu. Bunda juga dapat menambahkan lebih banyak pajangan dan lukisan untuk menghidupkan suasana ruang tamu.

2. Gunakan tumpukan bantal

Apakah Bunda memiliki beberapa bantal tipis? Jangan langsung di buang ya, Bunda. Barang tersebut bisa digunakan untuk menggantikan sofa di ruang tamu, lho. Susunlah beberapa bantal tipis tersebut untuk membuat sofa yang rendah.

Bunda bisa memberikan tampilan yang unik dengan menambahkan sarung bantal warna-warni. Jika ingin tampilan yang lebih sederhana, gunakan sarung bantal dengan motif yang terdiri dari susunan garis-garis simpel.

Lengkapi tampilan ruang tamu tanpa sofa dengan aksesori logam berornamen, seperti cermin, meja samping, atau meja kecil di tengah bantal.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Simak juga video warna cat rumah pembawa hoki di shio macan air:

[Gambas:Video Haibunda]



BUNDA BISA GUNAKAN BEAN BAG, KONSEP TRADISIONAL, HINGGA TEMPAT TIDUR RAMPING
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!