sign up SIGN UP search


moms-life

Nikahi Wanita Turki, Begini Perjuangan Pria Jambi Meluluhkan Hati Mertua

Asri Ediyati   |   Haibunda Rabu, 24 Nov 2021 11:22 WIB
AKHIRNYA MENIKAH
Mutawalli dan Edanur caption

Mutawali beruntung, niat baiknya dapat berlanjut. Sampai akhirnya, tahun 2021, Mutawali berhasil menemui Edanur dan mengenalkan diri pada keluarganya di Turki, Bunda.

"Akhirnya kemarin, tahun 2021, baru bisa datang menepati janji untuk melamar, untuk memperkenalkan diri ke keluarganya, untuk khitbah langsung gitu, pertama kali," tuturnya.

Mutawalli juga membeberkan alasan dirinya bisa merasa yakin dengan Edanur. Katanya, istrinya itu merupakan sosok yang baik, memiliki pengetahuan agama, dan punya jiwa sosial yang tinggi.


"Yang membuat saya yakin sama Edanur karena dia wanita baik, keluarganya baik, agama juga baik, keluarganya baik banget, paham agama juga, Alhamdulillah."

"Intinya yang paling utama kan kita lihat dari bibit bobotnya harus nilai. Alhamdulillah ada semua sama dia. Dia juga influencer jadi sosialnya tinggi, cinta Indonesia juga. Karena dari awal saya awali dengan kejujuran, Alhamdulillah kami berjalan, berjuang, berdoa maksimalkan dan ikhtiar."

"Pertama saya pastinya minta rida orang tua. Pertama kenal Edanur, saya langsung bilang ke Ibu, 'Aku kenal sama gadis Turki, aku minta rida'. Saya maksimalkan dengan doa, ikhtiar juga, serahkan kepada Allah," sambungnya panjang lebar.

Lanjut ke cerita pertunangan, Mutawalli melamar Edanur pada pada Februari 2021. Tak menunggu lama, acara tersebut berlangsung selang beberapa hari setelah ia menginjakkan kaki di Turki

"2 Februari 2021 sampai berangkat, tanggal 3 sampai, tanggal 5 kami lamaran langsung. Nikah secara agamanya itu saya datang lagi tanggal 1 November, tanggal 2 malamnya kita langsung nikah.

Untuk diketahui, pernikahan mereka berlangsung di Turki tanpa kehadiran orang tua Mutawalli, Bunda. Hal tersebut terjadi karena ada kendala masalah ekonomi, sehingga tak bisa membeli tiket keberangkatan untuk keluarganya.

"Saya datang ke Turki sendirian, sama dengan halnya waktu melamar. Karena ekonomi sebenarnya, enggak ada biaya kalau untuk bawa keluarga, mereka hanya bisa mengantar ke bandara di Jambi.Kini sebagai pasangan suami istri, pasangan beda negara ini masih menetap di Turki. Diungkap Mutawalli, mereka berencana untuk lakukan resepsi pernikahan di Indonesia.

"Insya Allah nanti kalau ada rezeki, ada biaya kami rencana tahun depan ingin ke Indonesia, memperkenalkan ke keluarga saya di sana semua karena sudah dinantikan. Kalau ada rezeki, enggak ada halangan, panjang umur, Insya Allah kami resepsi," tuturnya.

Tak hanya soal menjemput rezeki sebelum kembali ke Indonesia, Mutawalli juga ungkap bahwa di Turki, ia ingin mengenal keluarga sang istri lebih dalam. Apalagi ia juga harus menunjukkan dan meyakinkan mertua bahwa dirinya memang orang baik.

"Kami untuk sementara waktu mungkin enggak tahu ke depannya gimana, planning kami masih stay di Turki dahulu, karena selama ini kami kenal media sosial, saya harus meyakinkan keluarganya, mengenalkan diri saya, siapa saya, bertanggung jawab atau enggak.

"Kami stay di Turki dahulu karena juga Edanur keliah semester akhir, Insya Allah pertengahan tahun depan dia selesai setelah itu baru kita lihat kondisi ekonomi dan lain sebagainya, apakah kami melanjutkan di Turki atau ke Indonesia," katanya.

(aci/fir)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!