sign up SIGN UP search


moms-life

Google Disebut Nguping Aktivitas Online, Begini 7 Cara Menghentikannya Bun

Mutiara Putri Jumat, 26 Nov 2021 14:45 WIB
Sydney, Australia - October 28, 2011: Female hand holding an ipad showing Google. She is touching the screen. There is coffee on the dining table in the background.  This image shows the ipad being used in a casual environment. caption
Jakarta -

Perkembangan teknologi semakin hari semakin maju, Bunda. Kini, Bunda bahkan bisa mendapatkan berbagai informasi hanya dengan mengakses Google.

Google merupakan perusahaan multinasional yang bergerak di bidang jasa dan produk internet. Produknya sendiri meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan sebagainya.

Untuk Bunda yang belum tahu, Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin saat keduanya masih menjadi mahasiswa di Universitas Stanford, Bunda. Mereka bahkan memegang sekitar 16 persen saham perusahaan tersebut.


Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 1998, kini Google semakin memperbaiki kualitas dan performanya, Bunda. Dengan begitu, Bunda bisa terus menggunakan layanan Google tanpa takut memiliki sistem yang kuno.

Sayangnya, akhir-akhir ini beredar kabar kalau perusahaan asal Amerika Serikat ini bisa menguping aktivitas keseharian Bunda, lho. Bahkan dikatakan bahwa pelacakan ini terjadi saat riwayat lokasi dimatikan di dalam akun Google itu sendiri.

Hal ini tentu bisa membuat Bunda merasa enggak nyaman, ya? Tak hanya itu, kejadian ini juga bisa dikatakan sudah mengganggu ruang privasi milik Bunda.

Banner Resep Masakan Masak 10 Menit

Enggak perlu khawatir karena akan terus dilacak oleh Google, Bunda. Ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk menghentikan aktivitas ini, lho. Berikut deretan caranya dilihat dari laman CNet.

  1. Buka laman Google.com dari browser desktop atau mobile.
  2. Di bagian kanan atas, masuk ke akun Google jika belum melakukannya.
  3. Pilih Manage your Google Account.
  4. Dalam Privacy & Personalization, pilih Manage your data & personalization.
  5. Temukan Activity Controls dengan scrolling layar ke bawah. Pilih Manage your Activity Controls.
  6. Lalu akan terlihat boks dengan nama Web & App Activity. Geser toggle untuk mematikannya.
  7. Akan terlihat pemberitahuan memastikan pengguna mengerti apa yang dilakukan dengan menonaktifkan pengaturan. Pilih Pause.

Ternyata menonaktifkan pelacakan bisa menimbulkan berbagai dampak nih, Bunda. Misalnya saja nantinya Bunda akan melihat iklan-iklan yang kurang relevan.

Selain itu, ada pula dampak lainnya, nih. Bunda akan mendapatkan rekomendasi penelusuran yang kurang bermanfaat dan hilangnya pengalaman personal saat menggunakan Google.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

(mua/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!