sign up SIGN UP search

moms-life

6 Langkah Melacak Lokasi Melalui WhatsApp, Tanpa Harus Menyadap Bun

Annisa Afani Kamis, 25 Nov 2021 12:00 WIB
Young Asian woman using smart phone in bedroom happy and smile. Ilustrasi WhatsApp/Foto: Getty Images/iStockphoto/staticnak1983
Jakarta -

WhatsApp menjadi aplikasi pesan singkat terpopuler ya, Bunda. Tak heran, ini karena aplikasi yang dinaungi oleh Meta ini memiliki banyak fitur yang menguntungkan pengguna.

Awalnya, WhatsApp hanya berguna untuk melakukan chat, kini kita bisa memanfaatkannya untuk mendukung bisnis. Selain itu, ternyata WhatsApp juga memiliki fitur yang banyak pengguna yang enggak tahu.

Belum lama ini, HaiBunda pernah membahas bahwa lokasi seseorang juga bisa dilacak lewat WhatsApp selain pakai fitur share location. Misalnya saat Bunda ingin lacak keberadaan suami untuk mengurangi risiko miskomunikasi.


"Ini mengombinasikan kemampuan WA dengan fitur lain. Namanya HP punya IP, yang bisa menunjukkan informasi geolocation, dan dari situ bisa kita lacak lokasi HP tersebut," kata Fitraya selaku Redaktur Pelaksana detikInet dalam Instagram Live HaiBunda 'Tutorial Melacak WhatsApp', Rabu (30/6/2021).

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa dalam melacak WhatsApp kali ini, kita hanya dapat memperoleh informasinya posisi lokasi yang bersangkutan. Ini bukan penyadapan yang bisa mengulik data pribadi.

Bagaimana tutorial melacak WhatsApp? Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Grabify (grabify.link), di browser Bunda. Grabify ini semacam memperpendek link (seperti bit.ly), namun memiliki fitur tambahan yaitu tracker dan bisa mengumpan balik link yang telah dipendekkan.

2. Masukan URL link ke Grabify, nanti Bunda buat URL shortener. Bunda bisa copy+paste link berita (misalnya link artikel HaiBunda) atau link belanjaan e-commerce Bunda ke Grabify. Seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya, Grabify ini bisa memendekkan link.

3. Setelah link muncul, jangan ditutup Grabify-nya. Kemudian bagikan link tersebut ke WA yang bersangkutan.

"Nanti, ketika URL link dari Grabify diklik oleh suami, ada umpan balik dari Grabify, Bunda akan mendapat IP address dari pembaca. Di Grabify ini nanti memberi tahu posisinya dari link yang terkirim itu."

Bunda sudah sampai sini paham? Kalau sudah, baca kelanjutannya di halaman berikut.


Bunda, simak juga cara cek pesan WhatsApp yang sudah dibaca meski centang biru dimatikan dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

TUTORIAL LACAK WA (2)
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!